Thursday, June 29, 2017

Inilah Alasannya Mengapa Kamu Harus Menikah Setelah Lebaran

Inilah Alasannya Mengapa Kamu Harus Menikah Setelah Lebaran

KiniMuda.com - Seperti yang kamu ketahui, banyak pasangan yang menikah setelah lebaran. Namun apakah kamu tahu alasannya mengapa pernikahan sering dilakukan setelah lebaran? Tradisi.. iya salah satunya adalah tradisi, mengingat banyak masyarakat muslim indonesia yang melakukan tradisi ini. Namun bukan hanya itu saja, banyak faktor lain yang meng-harus-kan pernikahan di laksanakan setelah lebaran. Berikut KiniMuda.com memberikan alasannya mengapa kamu harus menikah setelah lebaran.

1. Sunnah

Dalam islam, lebaran jatuh pada tanggan 1 syawal. di mana pada bulan syawal, Rasullah men-sunnahkan untuk menikah dan beliau pun menikahi Aisyah ra pada bulan syawal.

Rasulullah awalnya menikahi Aisyah di bulan syawal untuk menepis anggapan bangsa Arab jahiliyah yang menganggap bahwa bulan syawal adalah bulan yang sial untuk menikah. Mereka meramalkan perceraian akan datang bagi mereka yang menikah di bulan syawal. Pasalnya, unta betina mengibaskan ekor mereka dan tidak ingin unta jantan mendekat mereka di bulan syawal. Masyarakat Arab menganggap hal tersebut sama dengan yang terjadi pada manusia.

Namun, Rasulullah mengajarkan untuk tidak percaya pada takhayul yang demikian. Maka, beliau men-sunnahkan untuk menikah di bulan syawal. Rasulullah membuktikan bahwa ketakutan dan ramalan orang Arab Jahiliyah tersebut tidak benar, karena hanya Allah Ta’ala  yang menentukan untung atau rugi seseorang dan bukanlah perhitungan tanggal.

2. Libur panjang lebaran

Banyak perusahaan yang memberikan libur panjang lebaran. Bagi kamu yang berprofesi sebagai karyawan, tentu hal ini sangat baik di manfaatkan untuk melangsungkan pernikahan. Mengingat banyak hal yang harus di persiapan sebelum menikah, dengan libur panjang lebaran ini kamu bisa melangsungkan pernikahan kamu tanpa menggangu profesional karir kamu.

3. Rezeki meningkat

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Selain berlimpahnya pahala, Ramadhan juga berlimpah rezeki.



Bagi pedagang, omzet penjualan meningkat selama ramadhan, bagi PNS dan karyawan swasta mendapatkan THR serta bonus tahunan yang dibagikan sebelum lebaran. Hal ini sangat baik untuk menambah Budget pernikahan kamu dan untuk persiapan setelah menikah.

4. Budget lebih efisien untuk keluarga yang merantau

Apakah kamu memiliki keluarga yang merantau? Jika iya, tentu kamu jarang bertemu dengan nya. di karenakan ongkos dan waktu yang tidak sedikit yang harus ia keluarkannya untuk menemui mu dan keluarga. Sehingga tidak jarang, keluarga mu hanya mampu setahun sekali untuk mudik ke kampung halaman.

Nah, dengan memanfaatkan moment mudik lebaran. Budget yang di miliki keluarga mu akan lebih efisien. Selain itu, dengan adanya pernikahan setelah lebaran, kamu dan keluarga kamu yang merantau akan memiliki waktu bersama yang lebih banyak.

Gimana sobat KiniMuda.com ? Apakah kalian setuju dengan alasan di atas ? Jika iya, KAPAN NIKAH ?

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon