Thursday, May 25, 2017

Merasa Daya Ingat Melemah Padahal Usia Masih Muda? Ini Dia Penyebabnya!

daya ingat melemah

KiniMuda.com - Melemahnya daya ingat seseorang merupakan hal yang wajar terjadi seiring bertambahnya usia dan umumnya menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun bagaimana jika daya ingatmu sudah melemah di usia muda? 

Apapun alasannya, daya ingat melemah di usia muda tidak bisa dikatakan sebagai hal yang wajar apalagi jika kamu sampai didiagnosis sebagai penderita Short Term Memory Lost. Lalu apa sih sebenarnya penyebab dari melemahnya daya ingat? Simak jawabannya di bawah ini.

1.    Depresi

Salah satu hal yang paling sering menyebabkan gangguan pada daya ingat adalah stress dan depresi. Depresi sebenarnya bisa dikatakan sebuah penyakit mental yang sangat merugikan penderitanya. Depresi yang berkaitan langsung dengan psikis sudah jelas dapat menyebabkan gangguan pada daya ingat. 

Depresi atau stress ini dapat disebabkan oleh banyak sekali faktor seperti beban kerja yang berat di usia muda. Gawatnya lagi, terkadang ada beberapa hal yang tanpa kita sadar dapat membuat stress seperti yang dibahas pada artikel ini: Hal yang Tanpa Sadar Kamu Lakukan Ini Ternyata Menjadi Penyebab Stress

2.    Terlalu Bergantung Pada Teknologi
Perkembangan teknologi semakin membius masa terutama muda-mudi. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan perkembangan teknologi yang terjadi di dunia. Namun, banyak sekali anak muda yang tidak bisa menggunakan teknologi dengan bijak. Mereka cenderung terlalu bergantung dengan teknologi sehingga fungsi otak tidak lagi digunakan secara maksimal. Hal ini yang kemudian membuat ingatan menurun.

3.    Kekurangan Waktu Istirahat
Jangan pernah sepelekan manfaat dari tidur yang cukup dan teratur. Kurangnya jam tidur akibat kebiasaan begadang sampai larut malam ternyata bisa sangat berbahaya baik itu bagi kesehatan fisik maupun psikis sampai dengan mengancam daya ingatmu lo. Sebaliknya, istirahat yang cukup sangat ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan membantu pemaksimalan kinerja otak.
4.    Alkohol dan Obat-Obatan

Tidak pernah ada di dalam sejarah bahwa orang yang mengonsumsi alkohol dan obat-obatan bisa terbebas dari gangguan kesehatan. Selain mengancam kesehatan fisik seseorang, alkohol dan obat-obatan ini juga dapat mebahayakan otak dan daya ingat. Tak tanggung-tanggung, gangguan daya ingat yang disebabkan oleh alkohol dan obat-obatan ini malah sampai berujung ke amnesia lo.


5.    Kekurangan Vitamin Tertentu
Tubuh dan otak tentu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar bisa bekerja secara maksimal. Nah, nutrisi yang tidak lengkap alias tidak tercukupi tentu akan sangat mempengaruhi daya ingat seseorang. Kekurangan nutrisi seperti vitamin B12 merupakan salah satu contoh keadaan defisien yang bisa menyebabkan melemahnya daya ingat.
6.    Adanya Kondisi Kesehatan Tertentu
Hal-hal seperti adanya gangguan pada peredaran darah di otak atau benturan keras di bagian kepala merupakan faktor lain yang dapat memicu lemahnya daya ingat seseorang. Pada beberapa kasus, tidak mustahil adanya beberapa kondisi kesehatan lain yang berdampak pada ingatan.
Dari ulasan di atas, dapat kita simpulkan bersama bahwa kondisi daya ingat melemah di usia muda disebabkan oleh berbagai macam faktor yang mencakup segala macam aspek seperti keadaan mental seseorang, gaya hidup sampai kondisi kesehatan fisik. Anak muda yang cerdas tentu perlu mencegah terjadinya penurunan daya ingat ini dengan cara menghindari penyebab-penyebab di atas secara maksimal.

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon