7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hal yang Tanpa Sadar Kamu Lakukan Ini Ternyata Menjadi Penyebab Stress

penyebab stress

KiniMuda.com - Stress merupakan momok yang seakan berakar dan susah untuk dijauhkan dari masyarakat zaman sekarang khususnya para anak muda. Stress secara langsung akan berdampak buruk pada kesehatanmu, bahkan sangat buruk. Dikutip dari buku favorit saya berjudul “The Secret”, Dr. Ben Johnson menyatakan bahwa di luar sana ada ribuan penyakit dan diagnosis. Keduanya adalah akibat dari satu hal yaitu stress. 

Umumnya, stress diakibatkan oleh faktor ekonomi, tekanan pekerjaan sampai hubungan pribadi. Namun ternyata ada beberapa hal lain yang tanpa sadar menjadi penyebab stress dan membuat kesehatanmu terancam. Apa saja hal tersebut? Simak informasinya di bawah ini.

1.    Terlalu Aktif di Sosial Media
Tujuan pendiri sosial media sangat mulia. Mereka ingin menghadirkan kemudahan untuk berkomunikasi dari manapun. Namun, sadarkah kamu bahwa terlalu aktif di sosial media tanpa tujuan yang jelas dapat menjadi penyebab stress nomor satu bagi masyarakat sekarang.
Sosial media bahkan dapat membuat kamu tertekan untuk selalu membuat status, mengupload foto yang “kekinian” sampai dengan pertengkaran dan rasa iri terhadap orang lain. Batasilah waktu “bersosial media” kamu dan alihkan kegunaannya menjadi hal yang lebih positif.

2.    Menyesal Setelah Berbelanja
Sudah sifat manusia yang kadang kalap menghabiskan sejumlah besar uang dalam satu waktu. Hal ini kemudian menimbulkan penyesalan dan kecemasan yang berlebihan pada sebagian orang. Hendaknya, kamu memang harus mengelola keuangan dengan baik.

3.    Selalu Berpikir Negatif
Kebanyakan orang cenderung berpikiran buruk akan sesuatu yang akan datang. Mereka berdalih bahwa itu bukanlah pikiran negatif melainkan waspada akan kemungkinan terburuk. Hmm… Akan sangat panjang artikel ini jika kita membahas mengenai hal tersebut. Intinya tidak mutlak seperti itu. Tubuh kita adalah produk dari pikiran kita. Jadi, cobalah gantikan pikiran negatifmu dengan pikiran positif. Jangan membayangkan skenario terburuk.



4.    Terlalu Melihat ke Atas
Kita memang sudah sewajarnya melihat orang-orang yang di atas kita untuk memotivasi diri. Namun, hal ini jangan dilakukan secara keterlaluan. Misalnya saja, kamu nge-follow akun-akun media sosial orang-orang yang seakan sempurna baik fisik maupun finansialnya. Lama-kelamaan kamu pasti mulai membandingkannya dengan keadaanmu baik dari segi fisik maupun ekonomi. Keinginan berlebihan untuk menjadi “sempurna” rentan menyebabkan stress.

5.    Terbiasa Menunda Sesuatu
Pekerjaan, tugas kampus, tugas sekolah atau pekerjaan lepas, semuanya perlu tanggung jawab dan tidak boleh kamu tunda. Pekerjaan tidak akan serta-merta hilang jika ditunda. Sebaliknya, pekerjaan yang ditunda akan semakin menerormu dan menyebabkan stress. Seharusnya kamu kerjakan mulai sekarang secara bertahap.

Itulah beberapa hal yang tanpa kamu sadari menjadi penyebab stress yang siap merenggut kesehatanmu kapan saja. Jangan biarkan masa mudamu menjadi masa penumpuk penyakit hanya karena hal-hal sepele di atas. Yuk, berubah!

Related Posts
Hairun Nisa
I'm a huge fan of quote, an English learner, and a freelance writer.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment