Friday, April 14, 2017

Apa Itu Bokeh? dan Cara Membuat Foto Bokeh Yang Keren

KiniMuda.com - Apa Itu Bokeh? dan Cara Membuat Foto Bokeh Yang Keren

KiniMuda.com - Apakah kalian sudah familiar dengan kata Bokeh atau masih bertanya-tanya apa itu Bokeh? Jika kalian masih bingung, di artikel berikut ini KiniMuda.com akan sedikit mengulas Apa Itu Bokeh? dan Cara Membuat Foto Bokeh Yang Keren.

Bokeh dalam dunia fotografi pertama kali dipopulerkan oleh Mike Johnston, editor majalah Photo Techniques pada tahun 1997. Kata bokeh ini berasal dari bahasa Jepang boke yang berati “blur”atau “haze”. Istilah bokeh dalam fotografi diartikan sebagai area blur atau area out-of-focus atau “the way the lens renders out-of-focus points of light”. Bokeh dengan mudah bisa terlihat ketika fotografer memilih untuk melakukan pemotretan dengan Depth of Field sempit sehingga lebih banyak ruang yang out-of-focus, akibatnya muncul foto bokeh yang signifikan dalam foto tersebut.

Dalam mendapatkan foto bokeh perlu teknik khusus, perlunya latihan dan trik yang jitu agar memotret foto jadi bagus. Berikut ada beberapa Cara Membuat Foto Bokeh Yang Keren:

Pastikan Lensa Optik yang Terbaik
Hasil foto bokeh yang sempurna dipengaruhi dengan kualitas lensa, semakin bagus optik pada lensa, maka hasil foto juga sempurna. Lensa yang digunakan juga tidak luput dari pengaturan maksimal. Seperti ukuran lensa 18-20 mm maka focal length maksimal f5.6, sedangkan 70-200 mm maka focal length f2.8.

Gunakan lensa prime
Karena makin besar aperture makin bagus pula bokehnya, jika anda memiliki lensa prime, pakailah. Lensa prime atau prime lens atau fixed lens, adalah lensa yang memiliki focal length tunggal alias lensa yang tidak bisa di-zoom. Lensa prime biasanya menghasilkan foto bokeh yang sangat bagus karena memilki bukaan aperture yang sangat besar, tipikal lensa prme adalah 50mm f/1.4, 85mm f/1.4 atau varian murahnya 50mm f/1.8 dan 85mm f/1.8.

Pakai Focal Length yang terpanjang
Menggunakan focal length yang terpanjang, maka objek yang dipotret akan semakin terpisah jauh dengan latar belakangnya. Membuat efek bokeh menjadi sempurna.

Atur Aperture yang Besar
Saat mengambil foto untuk efek bokeh, jangan langsung dari kamera tapi dari pengaturan lensa. Untuk itu pastikan pengaturan aperture menjadi mode priority kemudian pada f ubahlah menjadi paling kecil. Cara merubah dengan memutar ring aperture secara berlawanan dengan jarum jam, yang sendirinya depth of field akan dangkal.



Objek dan Kamera Jaraknya dipersempit
Semakin dekat objek yang difoto dengan kamera, maka efek background yang blur akan semakin tampak jelas. Konsep digunakan untuk dicoba yaitu taruh jari telunjuk didepan sebuah objek berupa benda. Terus pandangi jari telunjuk dengan mata yang fokus dan perlahan dekatkan jari telunjuk ke mata. Hasilnya background berupa benda tadi akan terlihat semakin blur.

Objek dan Background berjauhan
Tempatkan objek menjauhi background yang akan dibuat blur. Semakin jauh jaraknya, maka efek blur pada background semakin bagus.

Demikian sedikit penjelasaan tentang Bokeh dan Cara Membuat Foto Bokeh Yang Keren. dengan begitu kamu dapat membuat foto bokeh sendiri saat lagi jalan-jalan, Semoga bermanfaat.

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon