Sejarah Singkat 4 Merk Genset Yang Populer Di Dunia

Sebagai salah satu usaha antisipasi terjadinya pemadaman listrik dari PLN, kini banyak pihak yang tertarik ingin membeli genset. Mulai dari rumah tangga, sekolah, pabrik, kampus hingga penyelanggara event, mulai melirik genset sebagai alternatif penyedia listrik cadangan.

Permintaan pasar yang kian meningkat akan kebutuhan generator set atau genset ini, turut membuka berbagai produsen genset untuk memasarkan produknya di Indonesia. Sebagian diantaranya berasal dari luar seperti Amerika, Inggris dan Cina. Dari hasil penelusuran, ada beberapa jenis genset yang banyak beredar seperti genset Cummins, genset Perkins, genset Lovol dan genset Yanmar.

Tertarik ingin mengetahui sejarah dan jenis genset yang ada? Berikut ulasan singkatnya!

genset Cummins

1. Genset Cummins
Mulanya Clessie Lyle Cummins hanya bekerja sebagai supir, karena keahlian dalam bidang perbaikan mesin, Cummins kemudian menjadi mekanik kendaraan. Pekerjaannya sebagai mekanik membuat ia membuka bengkel dan selama menjalani profesi sebagai mekanik, Cummins mulai menyadari bahwa teknologi engine karya Rudolph Diesel sangat berguna. Ia mulai mencoba untuk mengembangkan engine desain sendiri. Pada tahun 1919, Cummins berhasil membuat engine Hvid yang dipakai untuk stasionari power.

Saat ini Cummins Inc merajai pasar berbagai unit pembangkit dengan pasar ekspor lebih ke 190 negara di dunia, memiliki jaringan distributor sekitar 5000 dan dealer 500. Dengan jumlah sekian, tidak heran jika genset Cummins mudah ditemukan dimana-mana.

2. Genset Perkins
Salah satu produsen mesin diesel dan genset yang juga cukup sukses dan telah lama bertahan adalah Perkins. Memulai pengembangan mesin genset sejak tahun 1932 dan terus mengalami kemajuan hingga menghasilkan berbagai produk unggulan. Tercatat setiap tahunnya kurang lebih 400.000 unit produk dihasilkan. Berbagai manufaktur menjadikan produk Perkins sebagai pilihan karena dinilai memiliki kelebihan seperti performa yang bagus, mudah dalam perawatan, ramah lingkungan karena mengeluarkan sedikit emisi gas buangan, awet dan tahan lama digunakan. Berbagai produk Perkins telah merambah banyak bidang seperti konstruksi, kelautan, pertanian, pertambangan, auto mobil dan lain sebagainya.

3. Genset Lovol
Dari kedua merk genset sebelumnya, genset Lovol termasuk yang paling muda usianya. Ya, berdiri sejak tahun 2007 dengan menempati tanah yang cukup luas yaitu 88.000 m2 untuk pembangunan pabrik seluas 26.000 m2. Meski tergolong baru, namun target produksi perusahaan ini cukup banyak yaitu 60.000 unit mesin diesel. Keunggulan jenis genset Lovol ialah menggunakan teknologi tinggi. Hal ini sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan global di era modern saat ini. Jadi, tidak heran jika produk dari merk ini memiliki keunggulan berupa hemat bahan bakar, ramah lingkungan, daya mesin yang kuat dan proses produksi yang sangat baik. Produk Lovol banyak dipakai untuk keperluan mesin penggerak alat transportasi seperti truck, perangkat tenaga listrik, mesin konstruksi bangunan dan lainnya.

4. Genset Yanmar
Genset Yanmar merupakan produk yang berasal dari negeri sakura yaitu Jepang. Awal mula berdirinya perusahaan yaitu tahun 1912 dan berhasil mengembangkan diesel untuk pertama kalinya pada tahun 1933. Setelah melalui perjalanan yang panjang untuk menemukan produk diesel, Yanmar memfokuskan untuk menghasilkan diesel. Meski telah lama malang-melintang di dunia bisnis produk diesel, tidak serta-merta membuat produknya ketinggalan jaman, perusahaan terus melakukan modernisasi produk hingga merambah pada sektor pertanian, industri dan juga perikanan. Beberapa keunggulan dari produk Yanmar yaitu, suku cadang yang terjangkau, daya mesin yang kuat, ramah lingkungan serta perawatan yang mudah.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Sejarah Singkat 4 Merk Genset Yang Populer Di Dunia"

Post a Comment