Manfaat Human Resources bagi Perusahaan

KiniMuda.com - Setiap perusahaan tentunya memiliki bagian Human Resources Department (HRD) dalam struktur divisinya. HRD merupakan bagian terpenting dan paling mendasar dalam sebuah perusahaan. Kinerja perusahaan bergantung pada pihak HRD yang bisa mengelola data dengan baik.

Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia, khususnya perusahaan start-up,yang belum memahami manfaat dari HRD yang sebenarnya. Padahal, pekerjaan HRD bukanlah pekerjaan yang mudah dan sangat membawa dampak bagi perusahaan. Di bawah ini, ada beberapa manfaat Human Resources Department bagi perusahaan yang sebenarnya.

Manfaat Human Resources bagi Perusahaan

Menciptakan Budaya Kerja dalam Suatu Perusahaan

Tidak semua perusahaan memiliki budaya kerja yang sama. Budaya kerja dalam setiap perusahaan berbeda, biasanya dilatarbelakangi oleh identitas perusahaan yang berbeda-beda pula. Budaya ini biasanya dibangun oleh bagian HRD melalui peraturan-peraturan perusahaan yang mengatur pola kerja karyawannya.

HRD membuat peraturan dengan tujuan agar seluruh sistem sosial dalam perusahaan bisa menjalankan perannya masing-masing dengan baik. Dengan adanya aturan yang jelas, seluruh karyawan bisa bekerja dengan lebih efektif dan membawa keuntungan bagi perusahaan.

Seiring berjalannya waktu, sering kali perusahaan menginginkan adanya kebijakan-kebijakan baru sebagai pengganti atau pelengkap peraturan lama yang sudah ada. Untuk itu, setelah melakukan perubahan peraturan, HRD juga bertanggung jawab untuk mensosialisasikannya kepada seluruh karyawan di perusahaan.

Merekrut Karyawan Sesuai Identitas Perusahaan 

Melalui peraturan yang dibuat, perusahaan dapat memperoleh identitas secara tidak langsung. Identitas tersebut bergantung pada pencapaian dari perusahaan, kebijakan yang ada, dan budaya kerja para karyawannya. Untuk mempertahankan identitas tersebut, diperlukan karyawan-karyawan yang juga bisa memperkuat identitas, bukannya malah bertentangan dengan identitas tersebut.

Dalam hal ini, pihak HRD bertanggung jawab dalam memilih karyawan yang sesuai dengan identitas perusahaan. Apabila HRD salah merekrut karyawan, nantinya kinerja karyawan tersebut akan sangat berdampak pada perusahaan. Saat ini, mengelola data karyawan untuk memastikan profesionalitas kerja para karyawan tidak lagi sulit. Banyak HRD dalam perusahaan-perusahaan tertentu yang mulai memanfaatkan software HR seperti LinovHR.

Baca Juga: Tren Rekrutmen 2018

Penggunaan software HR bisa membantu para HR perusahan untuk memantau karyawan-karyawannya. Hal itu dilakukan untuk memastikan identitas perusahaan tetap terjaga dan budaya kerja di antara karyawannya tidak rusak. 

Membangun Citra Positif melalui Kesejahteraan Karyawan 

Menjaga kesejahteraan karyawan adalah salah satu hal penting yang juga harus dilakukan oleh seorang HR. Hal ini dilakukan agar kinerja perusahaan secara keseluruhan pun semakin membaik dan meninggalkan kesan positif pada masyarakat. Menjaga kesejahteraan bukan hanya dilakukan dengan menggaji karyawan tepat waktu, tapi juga dengan menjaga privasi dan mengembangkan karakter karyawan.

Sebagai HR, tentunya data pribadi karyawan dapat diketahui dan diakses dengan mudah. Apalagi, adanya software HR seperti LinovHR yang memudahkan pengelolaan data karyawan bisa membuat seorang HR menguasai seluruh data karyawan dalam perusahaan. Oleh sebab itu, sudah menjadi tanggung jawab HR untuk merahasiakan data tersebut yang merupakan bagian dari privasi karyawan.

Pengembangan karakter karyawan juga bisa dilakukan dengan rutin mengadakan pelatihan dan acara kebersamaan. Melalui kegiatan-kegiatan tesebut, karakter karyawan dapat terus dikembangkan dan membawa dampak positifk pula bagi perusahaan.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Manfaat Human Resources bagi Perusahaan"

Post a Comment