Awas Salah Kostum! Ini 5 Kesalahan Pemilihan Baju Lebaran Keluarga Terbaru

KiniMuda.com - Jika ditanya mengenai hal apa yang paling menarik ketika lebaran, maka sebagian besar pasti menjawab hunting baju lebaran keluarga terbaru. Terlebih, momen lebaran ini biasanya selalu diisi dengan diskon kostum lebaran yang sungguh menggiurkan dan sayang untuk dilewatkan. But, you have to know that fashion itu berkembang dan selalu berubah-ubah.

Kalau nggak mau salah kostum, kita harus mengimbanginya. Nggak lucu dong kita sekeluarga berpakaian dengan kostum yang sama sekali nggak menyiratkan momen besar umat Islam ini. Selain mengetahui fashion macam apa yang sedang booming, kamu juga harus menghindari 5 kesalahan berikut ini.

baju lebaran keluarga terbaru
pexels.com


1. Memilih Celana Panjang Ketat atau Jeans

Celana panjang ketat nggak terlalu cocok untuk momen seperti lebaran. Cocoknya hanya untuk dipakai mudik lagi ke kota tempat bekerja atau liburan pasca lebaran. Agar penampilanmu tidak terkesan janggal, sebaiknya hindari pemilihan celana macam ini. Memang ada sebagian orang yang tidak terlalu nyaman dengan rok.

Hal ini bisa disiasati dengan cara pemilihan memakai tunik. Tapi ingat, tunik yang sebaiknya kamu pilih adalah tunik yang panjang sampai melewati lutut. Tunik seperti ini jauh lebih cocok dipakai untuk lebaran daripada tunik yang cenderung lebih pendek. Cara lainnya bisa pula dengan menggunakan celana longgar atau yang disebut dengan kolot.

2. Memilih Pakaian dengan Warna yang Terlalu Variatif

Jika berbicara mengenai baju lebaran keluarga baru, berarti kita berbicara mengenai keserasian. Tidak perlu sama persis satu keluarga dan tidak perlu juga menjahit baju baru dengan bahan yang sama. Hal ini akan membuatmu tambah boros saja. Cukup sesuaikan warnanya. Buatlah kesepakatan bersama keluarga mengenai warna apa yang akan mendominasi.

So, jangan sampai kamu sekeluarga memilih baju lebaran dengan warna yang variatif, berbeda-beda dan sangat kontras bedanya. Sebagai saran, sebaiknya gunakan warna-warna terang yang menyiratkan kebahagiaan dan ketenangan seperti putih, soft pink, dan warna-warna serupa.

3. Memakai Model Baju yang Sama untuk Satu Keluarga

Setelah masalah warna yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga harus menghindari kesalahan yang satu ini. Ya, mengenai model pakaian itu sendiri. Sebaiknya, kamu jangan memilih model yang sama untuk semua anggota keluargamu. Sudah tidak terlalu zamannya lagi memilih cara yang seperti ini.

Terlebih lagi, pakaian yang seperti ini berpotensi jarang dipakai. Why? Ya, karena modelnya terlalu sama. Kalau dipakai sendiri jadi membuat malu. You’d better beli baju dengan warna senada dan secara individual sesuai dengan style dan selera masing-masing anggota keluarga.

4. Sembarang Memilih Bahan

Ah, yang penting desainnya bagus dan lagi diskon. Nah, ini kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan orang-orang dalam memilih baju lebaran. Ingatlah lagi kegiatan utama kita sewaktu lebaran yakni salat. Kita harus melakukan beberapa gerakan dan juga duduk bersimpuh dalam waktu yang lumayan lama.

Kamu harus memilih bahan pakaian yang tidak mudah kusut. Beberapa bahan yang mudah kusut itu seperti bahan fleece, cardet dan ada beberapa lagi yang lainnya. Sebisa mungkin hindari hal ini agar kamu tetap bisa berpenampilan rapi dan menawan setelah selesai salat.

5. Memilih Rok Ketat

Rok ketat sempat in kalau tidak salah tahun kemarin. Memakainya ketika lebaran sering kali dikombinasikan dengan tunik polos. Namun sebaiknya kamu hindari jenis pakaian ini di lebaran tahun 2018 ini. Pertama, model ini tidak terlalu digandrungi lagi. Kedua, rok yang terlalu ketat akan sangat membatasi gerakmu. Tentu akan menyulitkan gerakan salatmu nantinya. 

Ingat baik-baik ya beberapa kesalahan di atas untuk nggak kamu lakukan. Sebagai saran, agar kegiatan belanjamu nantinya lebih efektif, belilah baju lebaran keluarga terbaru secara online di situs jual beli yang terpercaya seperti Matahari Mall. Selain praktis, belanja secara online juga akan membuatmu fokus, tidak tergesak-gesak menentukan pilihan dan hap, you’ll get the best dan pastinya nggak akan salah kostum.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

22 Responses to "Awas Salah Kostum! Ini 5 Kesalahan Pemilihan Baju Lebaran Keluarga Terbaru"

  1. Iyaa nih, yang nomer 4 sering banget aku lakuin .. Apalagi kalo lagi buru2 belanjanya wkwkwk

    Nice tipss kak eca..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kalau belanja harus apa planning dulu sih..

      Okay, semoga bermanfaat Sa.

      Delete
  2. Ecaa aku jadi pengen beli baju baru nih. Hihi. Oiya bener banget tuh model dan warna baju gak selalu harus sama satu keluarga. Pernah bikin baju samaan kayak gitu..eh cuman pas lebaran aja dipakainya. Setelah itu gak pernah dipakai lagi. Anak-anakku ogah baju kembaran kecuali si kembar.

    ReplyDelete
  3. Ecaa aku jadi pengen beli baju baru nih. Hihi. Oiya bener banget tuh model dan warna baju gak selalu harus sama satu keluarga. Pernah bikin baju samaan kayak gitu..eh cuman pas lebaran aja dipakainya. Setelah itu gak pernah dipakai lagi. Anak-anakku ogah baju kembaran kecuali si kembar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah si mbak-nya sudah pernah mengalami. Jangan sampai terulang lagi mbak. hehe

      Delete
  4. bener..kalau bikin baju seragam itu suka gak kepake sii malah jd mubazir -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pernah mengalami mbak. Makanya sekarang harus banyak pertimbangan. hehe

      Delete
  5. Nomor 3 setuju banget. Aki jujur ya, ga pernah beli baju keluarga seragam. Kalau seragam warna oke lah. Mungkin pertimbangan keluarga lain beli begini krn spy kompak ya. Tapi buat kami ga perlu banget kompak2in baju sampe terlalu senada. Kek power rangers aja. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bener ini mbakk.. Mendadak berasa kek power rangers ya.. Hihi lucu

      Delete
  6. Ngomongin baju baru, jadi inget bentar lagi Ramadan dan Idul Fitri :D

    Bagus banget nih tipsnya. Bakalan aku praktekkin entar kalo sudah saatnya hunting baju baru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaappp...

      I hope it will be useful for you, Mbak.

      Delete
  7. Baca tulisannya jadi ingat prepare buat lebaran, hehe. Tapi aku suka pakai gamis deh kemana2, jadi insya Alloh ga akan saltum :D
    Btw, jadi pengen ngecek ke Matahari Mall buat liat gamis keluaran terbaru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan yang bagus banget mbak. kalau iu pasti ga akan salah kostum sih. Yuk ah mari mulai hunting baju lebaran di sana mbak.

      Delete
  8. Aku belum ada gambaran apa-apa nih soal beli baju lebaran... Ramadhan udah dekat ya. Kayanya paling aman emang pakai gamis nih. Nggak bakalan ketinggalan zaman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. True mbak.. boleh nih warnanya kompakan sama si kecil. Hehe

      Delete
  9. eh tapi aku masih beli jeans lho buat lebaran :D karena bakalan bisa dipake buat kapan-kapan juga tapi tetap ada beli baju lainnya lah ya yg lebih longgar dan cocok dipake dihari itu. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeans memang wearable gitu ya. Hehe But, ini udah bener kok. Jadi tetap ada baju lain buat di hari pertama lebarannya minimal buat pagi-pagi gitu yang kental dengan nuansa idul fitri.

      Delete
  10. Kami dulu keluarga besar, jadi rada ribet kalau mau milih baju buat lebaran. Pernah dulu nyoba samaan sekeluarga, benar setelahnya jadi ga kepake XD

    Sekarang karena rata-rata sudah pada berkeluarga, jadi ga terlalu ribet lagi, tinggal pilih yang senada sama suami dan anak-anak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah benar ini mbak.. Aku juga keluarganya jadi mengecil. Tinggal ortu dan aku sama kakak yang masih single. Hehe

      Delete
  11. Sampai sekarang gk pernah pake baju seragam karena satu keluarga punya selera masing2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini mantep... Hehe Suka suka jadinya ya.

      Delete
  12. Wah, benar banget tuh ka kalo mau beli baju yang seragam paling gak warnanya aja yang sama tapi tetap style masing-masing.

    Wih, udah mengingatkan aja nih buat beli baju lebaran nanti hahaha

    ReplyDelete