4 Tips ala Backpacker untuk Mengurangi Biaya Liburan ke Raja Ampat

Boleh dibilang kalau Raja Ampat itu merupakan tempat wisata terpopuler di Papua. Khususnya yang berada di Sorong dan sekitarnya. Biaya liburan ke Raja Ampat juga sangat mahal. Oleh sebab itu, di artikel ini kita akan membahas tentang tips atau cara untuk menekan biaya liburan ala backpacker. Bagaimana caranya?

Backpacker ke Raja Ampat

1. Persiapkan Bujet 5 Juta Rupiah
Yakin saja kalau dengan bekal 5 juta Rupiah, maka Anda sudah bisa menjelajahi banyak objek wisata di Raja Ampat. Kalau toh kurang 2 juta atau 3 juta, saran terbaiknya adalah meminjam KTA dari Tunaiku. Soalnya bisa diangsur hingga maksimal 20 bulan lamanya. Bahkan kalau Anda butuh uang 5 juta Rupiah, cicilan per bulannya sekitar 400 ribuan.

Anggaran bekal uang 5 juta tersebut sudah sering dibuktikan oleh para backpacker ketika menjelajahi panorama alam Raja Ampat. Total biaya tersebut sudah termasuk tiket pesawat PP, tiket kapal, biaya penginapan, makan-minum, maupun biaya transportasinya. Dengan persiapan ini, setidaknya sekarang Anda sudah punya gambaran tentang Raja Ampat.

2. Pesan Tiket Pesawat Terbang 3 Bulan Sebelum Berangkat
Sudah bukan rahasia lagi kalau harga tiket 3 bulan sebelum berangkat itu sangat murah. Tingkat fluktuatif harga tiket pesawat terbang tersebut memang sudah sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan Indonesia. Rata-rata, biaya tiket pesawat terbang 3 bulan sebelum keberangkatan itu nilainya 1 juta Rupiah. Paling banyak 1,5 juta Rupiah.

Bahkan kalau pesan tiket pesawat lewat pihak yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan, boleh jadi bisa dapat diskon. Jadi sisa uang yang Anda punya tinggal 3 juta Rupiah dengan estimasi 2 juta untuk terbang pulang-pergi. Bahkan kalau terbang dari Sorong ke Jawa, harganya lebih murah lagi.

3. Bawa Satu Tas Ransel Saja
Membengkaknya biaya liburan ke Raja Ampat juga bisa disebabkan oleh bawaan barang yang banyak. Terutama saat hendak terbang di pesawat terbang. Nilai maksimum berat barang yang bisa dibawa adalah 7 kilogram. Jadi harap bawa barang yang penting saja menurut Anda. Kalau mau bawa makanan, jangan yang mudah kedaluwarsa.

Pada dasarnya, Raja Ampat itu bukanlah tempat yang primitif. Di sana itu justru lebih maju dari beberapa daerah di Jawa. Hal itu dikarenakan pembangunan objek wisata dan infrastrukturnya yang sering dilakukan oleh pemerintah dan warga sekitar. Jadi soal makanan, tempat tinggal, dan lainnya sudah tersedia di sana.

4. Hiduplah dengan Cara Sesederhana Mungkin
Warga Raja Ampat juga menyediakan paket liburan murah untuk wisatawan yang liburan ke sana. Rata-rata bisa menghabiskan biaya 2 juta hingga 3 juta Rupiah. Tapi kalau Anda mau menerapkan liburan ala backpacker, minimal harus menerapkan prinsip “hiduplah dengan cara sesederhana mungkin”.

Caranya pilih tempat penginapan yang bernilai ekonomis dan juga menjadi muara bagi transportasi apa pun. Dengan cara ini, maka Anda akan lebih dimudahkan ketika mau mengunjungi tempat mana pun di kawasan Raja Ampat. Soal makanan, di Raja Ampat juga banyak yang menyediakan bahan-bahan mentahnya.

Jadi pilihlah tempat penginapan yang memfasilitasi dapur untuk memasak. Bawa makanan sendiri selama jalan-jalan di Raja Ampat sangat ampuh menekan biaya liburan. Tapi kalau Anda tertarik mencicipi makanan khas Raja Ampat juga tidak mengapa.

Dengan 4 tips tersebut, biaya liburan ke Raja Ampat yang diperkirakan mahal pun akan berkurang drastis. Bukankah dalam liburan itu yang paling menyenangkan adalah pengalaman setelahnya? Oleh karena itu, ciptakan momen istimewa untuk diri sendiri selama berada di Raja Ampat. Jangan lupa pula untuk rajin-rajin berkomunikasi dengan warganya.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "4 Tips ala Backpacker untuk Mengurangi Biaya Liburan ke Raja Ampat"

Post a Comment