For Travelers! Ini Cara Mendapatkan Foto Instagramable tanpa Skill Fotografi

Kinimuda.com - Meskipun aku bukan orang yang rutin mengagendakan kegiatan traveling, tapi setiap ada libur panjang, aku selalu mengusahakan untuk pergi jalan-jalan. Kebetulan aku tinggal di Kalimantan Selatan, pulau cantik dengan sejuta wisata alam yang asri. Sektor pariwisata di sini juga sudah semakin maju dan membuat kegiatan traveling semakin menjadi lifestyle.

foto Instagramable
Source: pexels.com

Berbicara mengenai traveling, bekal untuk jelajah sekarang ini bukan lagi hanya sekedar makanan dan minuman tetapi lensa yang siap sedia untuk mengabadikan momen dan diunggah ke berbagai media sosial terutama Instagram. Untuk mendapatkan foto yang bagus untuk Instagram atau bahasa kekiniannya itu “Instagramable”, pikiran kita pasti tertuju pada kamera.

Haruskah Punya Kamera dan Menguasai Skill Fotografi?


Menurut pengalaman pribadiku, kamera (dalam hal ini kamera DSLR) memang sangat bagus namun akan useless kalau kita gunakan sekedar jepret sana-sini tanpa adanya keahlian. Yap, skill fotografi adalah suatu keharusan yang wajib dimiliki orang yang memiliki kamera seperti ini.

skill fotografi
Source: pexels.com

Keahlian dalam bidang fotogarafi ini meliputi banyak hal mulai dari cara menekan tombol shutter, mengenal eksposur, membekali diri dengan pengetahuan lensa kamera, mengatur fokus, teknik menyusun komposisi, dan mengenal genre fotografi. Ini pun hanya pengetahuan dasarnya saja, lho. Keahlian yang memang berguna tapi nggak bisa dipelajari hanya dalam waktu satu atau dua hari.

Jadi, apakah semua traveler itu harus belajar seni fotografi? Nggak harus kok. Pasalnya, nggak semua traveler itu mau menekuni benar-benar dunia fotografi. Jadi gimana dong supaya para traveler yang tidak ahli fotografi ini bisa mendapatkan foto Instagramable saat liburan? Well, jawabannya adalah dengan smartphone.

Smartphone sudah sangat berkembang khususnya dalam hal pembekalan kamera belakang dan kamera depan. Kalau aku pribadi, foto-foto yang kuunggah ke Instagram itu tidak pernah pakai kamera DSLR melainkan semuanya memakai smartphone. Smartphone dihadirkan oleh banyak sekali brand dan tipe. Tentu kita nggak bisa sembarangan juga dong memilih smartphone.

Kriteria Smartphone yang Pas untuk Menemani Traveling


Kita harus punya kriteria tersendiri nih untuk menentukan mana smartphone yang paling tepat untuk kegiatan traveling. Aku pun telah melakukan eksperimen sederhana dari beberapa pengalaman langsung dan akhirnya inilah list kriteria tersebut, at least ada 3.

1.    Kamera smartphone harus cocok dipakai pada kondisi minim cahaya karena kegiatan traveling bukan cuma outdoor, tetapi kadang indoor atau di malam hari.
2.    Kamera smartphone harus bisa mengambil gambar secara nyata dan sesuai dengan keadaan aslinya.
3.    Smartphone harus punya daya tahan baterai yang lumayan tinggi agar bisa mengambil gambar di segala spot wisata.

Dari 3 kriteria di atas, menurutku hanya ada 1 tipe smartphone yang benar-benar sanggup meng-cover semuanya yaitu OPPO F5. Semuanya pasti sudah kenal dong dengan brand terkemuka yang satu ini? Terkenal dengan tagline-nya “Selfie Expert & Leader”, brand ini memang sudah terkenal dalam pencapaian teknologi dalam fotografi smartphone.

capture the real you

Beberapa bekal skill fotografi telah disisipkan di smartphone ini dan bisa digunakan secara instan hanya dengan menyentuh satu tombol. OPPO F5 ini mempunyai tagline “Capture the Real You” yang artinya hasil foto yang diambil dengan F5 ini akan terlihat lebih alami dan nyata sesuai dengan keadaan subjek.

Hasil foto itu bisa didapatkan karena OPPO F5 telah dibekali AI Beauty Recognition Technology yakni teknologi canggih yang dapat mengenali warna dan jenis kulit, usia subjek dan juga jenis kelamin subjek.  Teknologi ini juga akan memindai di lebih dari 200 titik wajah. Teknologi ini memang masih akan memberikan peningkatan kecantikan pada subjek tapi secara apik dan alami.

So, idealnya, teknologi akan memindai segala informasi mengenai subjek. Untuk subjek laki-laki, teknologi ini tidak akan menghilangkan detail-detail yang memang harus ada seperti detail pada bagian dagu. Walaupun digunakan untuk grup selfie, teknologi ini tetap bisa memindai semua jenis kelamin, umur dan jenis kulit subjek sehingga terciptalah gambar yang the real you.

OPPO F5

Kamera depannya dibekali dengan 20-megapixel sedangkan kamera depan 16-megapixel. Bekal yang besar bukan untuk sebuah kamera smartphone? Teknologi AI yang ditanam pada kamera ini juga mampu membedakan subjek di situasi latar belakang dan pencahayaan yang berbeda-beda. Ketakutanmu akan cahaya minim pun akan segera sirna.

Mengenai kriteria yang ke-3 yaitu daya baterai, smartphone ini memungkinkan kamu untuk memakai selama 12 jam secara terus-menerus dan dengan fitur pengisian daya yang cepat. Selain itu, tampilan fisik OPPO F5 juga sangat stylish dengan Full Screen Display beresolusi tinggi. Setiap spot yang kamu foto pun akan terlihat semakin nyata. 

OPPO Selfie Tour with F5


Beruntung sekali bahwa profesi blogger membawaku dan teman-teman dari Female Blogger of Banjarmasin (FBB) pada kesempatan mengikuti event OPPO Selfie Tour with F5. Acara tersebut dimulai dengan sambutan, dibekali materi oleh 4 orang narasumber, sesi Q&A, doorprize, dinner dan pulangnya kami membawa goodie bag.

OPPO Selfie Tour


Narasumber yang hadir bukan hanya dari pihak OPPO tetapi juga dari pihak Liputan 6 karena memang acara ini diadakan oeh OPPO dan Liputan 6. Dari foto yang ada di atas, dari ujung sebelah kiri adalah Mas Aryo selaku PR Manager OPPO Indonesia. Di sebelahnya lagi Mbak Novi Nadya selaku jurnalis dari kanal Lifestyle liputan 6. Selanjutnya, Mbak Kadek Arini, seorang travel blogger. Terakhir, Mas Yuslianson selaku jurnalis dari kanal Tech&News liputan 6.

Mereka ber-4 memberikan materi yang ringan dan bermanfaat. Mas Aryo yang menjelaskan mengenai fitur lengkap yang dibekali pada OPPO F5. Dilanjutkan oleh Mas Yus yang share beberapa foto selfie beliau di daerah minim cahaya dan membuktikan bahwa teknologi OPPO memang works.

OPPO Selfie Tour with F5


Lalu ada Mbak Nadya yang sharing masalah pentingnya smartphone untuk pekerjaannya sebagai seorang jurnalis online yang harus gercap dalam mengambil data di lapangan dan mem-publish-nya. Terakhir, ada Mbak Kadek yang telah mengelilingi banyak negara yang share mengenai kegiatan traveling-nya yang hanya berbekal smartphone.

Pengalaman Mencoba OPPO F5 Secara Langsung


Pada event itu pula, kami berkesempatan untuk mencoba langsung bagaimana teknologi canggih dari smartphone berteknologi AI Beauty Recognition ini. Di sebelah kiri adalah fotoku memakai OPPO F5 dan di sebelah kanannya dengan merek lain dan kedua foto ini sama-sama diambil di tempat yang sama yaitu di Ballroom Hotel Mercure Banjarmasin. 

perbandingan foto

Ayo coba lihat sendiri perbedaannya. Mana yang lebih Instagramable? Foto yang diambil dengan OPPO F5 ini langsung punya efek bokeh seperti foto yang diambil dengan kamera DSLR tanpa editing, tanpa aplikasi pihak ke-3. Murni kamu hanya perlu buka kamera, bergaya dan chees… jepret, langsung jadi, langsung upload

Membawa kamera besar untuk traveling juga kadang membuat kegiatan traveling jadi lebih berat karena kita harus membawa kamera dengan bobot lumayan berat kemana-mana, apalagi kalau lagi hiking.

Well, sebagai penutup, menurutku everyone is a traveler. Semua orang itu sebenarnya suka jalan-jalan dan suka mengabadikan momen. Bedanya, ada yang rutin jalan-jalan, ada yang hanya sesekali. Traveling itu juga tidak selalu ke pantai, gunung, dan sejenisnya. 

Menurutku, pengalamanku hadir ke event OPPO Selfie Tour with F5 ini juga termasuk traveling, mengingat tempat tinggalku memang tidak tepat di Banjarmasin melainkan di Barabai yang membutuhkan sekitar 4 jam perjalanan untuk sampai di tempat event

So, ingat, siapapun bisa jadi traveler dan kita tidak harus jadi fotografer dulu kok untuk bisa jalan-jalan dan dapat foto yang Instagramable. Caranya sudah dikupas habis di atas.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

21 Responses to "For Travelers! Ini Cara Mendapatkan Foto Instagramable tanpa Skill Fotografi"

  1. Semangat terus say. Kapan kapan kita meet up di Barabai yo 😙

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo... Berharap banget deh mbak dan member lain pada ke sini.

      Delete
  2. Semangat terus say. Kapan kapan kita meet up di Barabai yo 😙

    ReplyDelete
  3. Dirimu foto produk Opponya lengkap sekali qaqa 😅😅 aku waktu itu ga kepikiran lah ya. Hihi cuma sempat foto bagian belakangnya doang. He

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin tetiba nemu yang Red ini Rim, sebelumnya aku cari-cari nggak ada. Mungkin pas lagi dipake yang lain. Jadi pas nemu, langsunglah refleks jepret-jepret. Hehee

      Delete
  4. Keren ini caranya.. Manfaat banget buat aku yg skill fotografinya remeh temeh.. Hihi.. Cuma tinggal beli OPPO beresss semuaa.. :D

    www.shezahome.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Solusi super praktis. Lagian smartphone ini juga pas deh kayaknya buat kerja. Full screen display dan RAM-nya sungguh memikatku. Hehe

      Delete
  5. Kak eca, aku di banjarbaru masuk travelling juga kan hadir ke event kemarin? 😅😅 Tapi ka eca lebih travelling lagi hoho

    Bdw bokehnya di foto ka eca bagus bnar 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk dong sa. Kita traveling bareng. Hehee...

      Eh iya, kemarin yang lain juga bilang gitu. Bokeh-nya keren katanya. OPPO mang juara.

      Delete
  6. Ka ecaa cantik banget pas selfie, moga bisa ketemu lagi di event selanjutnya berselfie ria hihi *pakeefekbokeh* muehehe

    www.enychan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eny juga cantik... next event kita semua megang OPPO F5 satu-satu. Amin... hehe

      Delete
  7. Harganya berapaan ses OPPO F5 nya.. mau beli juga ih biar bisa selfie 😎

    ReplyDelete
    Replies
    1. F5 Youth RAM 3 GB cuma 3.599.0000. Sedangkan yang RAM 4 GB cuma 3.999.000. Kalo yang red, 4.100.000. Terus yang red 6 GB itu 5.199.000. Lengkap kan infonya... harus beli ya. Hehe

      Delete
  8. Eh, aku berarti juga travellers ya? Soalnya aku 3 jam dari Rantau. Hahaha

    Ngomong-ngomong emang kamera Oppo itu mantab punya deh, tapi aku lebih suka fitur kiss space-nya. Hapeku sering dibajak anak soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.. sama kita traveler. Hehee

      Typo nih mbak Leha.. Kids Space kan ya? hehe Wah itu mang pas banget buat ibu muda cantik dan cerdas kayak mbak.

      Delete
  9. Itu bener memegang kamera itu perlu skill..semua org bisa jepret2 tapi kalau tanpa skill rasanya sebuah foto itu hambar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Pengalaman ini juga pernah dialami langsung oleh teman dekat aku. Akhirnya kamera gak kepake dan lebih milih smartphone.

      Delete
  10. Setuju banget, kamera yang bagus itu justru yang bisa menampilkan sisi kecantikan asli, memaksimalkan yg ada bukan di filter aneh2 sampai jauh beda hasil foto dengan kenyataan. Bahkan ada juga yg sebaliknya, kecantikan si model foto justru katutup karena rekayasa dan fitur kamera yang tidak menunjang. Oppo f5 ini perfect banget deh untuk kamera hp setara dslr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan mbak aja setuju. Pegangannya dah itu aja pas traveling. Udah lebih dari cukup meng-cover semuanya keperluan.

      Delete
  11. Bener banget ka Eca, OPPO F5 ini keren banget udah ngalahin kamera DSLR deh pokoknya. Gak perlu edit pakai ini itu, cuman sekali jepret pakai OPPO F5 ini langsung deh bisa di share. Aku paling suka deh sama efek bokeh OPPO F5 ini bikin fokus kesalah satu objek aja, hihihi.

    Nanti deh ya kapan-kapan aku ke Barabai, diajakin jalan-jalan ya ka Eca, hahaha,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka ma bokehnya itu. Huhu... instant banget.

      Ayo ke Barabai... ditunggu.

      Delete