Kenali 4 Tanda Pipa Bocor

Terkadang, permasalahan yang tidak terlihat bisa menjadi sangat berbahaya karena tidak diketahui. Misalnya, kebocoran pada pipa. Biasanya hal ini jarang terdeteksi atau tidak dikenali ciri-ciri kebocorannya. Tentunya, hal ini karena letak pipa atau saluran air ini yang terletak di balik tembok sehingga tidak bisa dikenali secara cepat apabila terjadi kebocoran. Padahal, jika sudah bocor, maka banyak dampak yang bisa timbul. Salah satunya adalah kebanjiran yang tentu sangat dihindari oleh orang-orang karena sangat merepotkan. Karena itu, harga pipa juga perlu Anda ketahui sebelum mengganti pipa di rumah kesayangan Anda. Tapi yang paling penting adalah untuk mengenali beberapa tanda kebocoran pipa di rumah kesayangan Anda.

Kenali 4 Tanda Pipa Bocor

1. Matikan Keran Air

Untuk memastikan apakah terjadi kebocoran pada saluran air di rumah, ini adalah salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan oleh Anda. Matikan setiap keran air di rumah, mulai dari keran di kamar mandi, dapur, atau wastafel. Pastikan keran tertutup dengan rapat dan tidak mengalirkan air lagi. Kemudian, perhatikan keran utama apakah jarumnya tetap berputar atau diam. Jika berputar, itu adalah pertanda bahwa ada air yang mengalir. Ada kebocoran pipa di rumah Anda yang harus segera diperbaiki agar tidak semakin rusak.

2. Perhatikan Tembok

Meski letaknya di balik tembok sehingga tak kasat mata, tetapi tembok bisa menunjukkan apakah keadaan pipa di baliknya. Namun, Anda juga harus peka dengan keadaan tembok Anda. Jangan sampai Anda tidak sadar atau bahkan menyepelekannya. Bercak-bercak yang timbul di tembok rumah adalah salah satu bukti bahwa adanya rembesan air akibat adanya kebocoran atau keretakan pada pipa saluran air. Jika hal ini terjadi, memang agak merepotkan karena perlu membongkar tembok agar bisa menambal atau mengganti pipa. Karena itu, sedari awal pilihlah pipa yang memiliki kualitas yang tinggi. Kalau tidak, ke depannya Anda akan direpotkan dengan hal-hal seperti itu.

3. Genangan Air

Mungkin Anda pernah menemukan genangan air di rumah Anda. Genangan tersebut biasanya terletak cukup jauh dari sumber air seperti kamar mandi atau dapur. Setelah Anda membersihkan lantai yang basah tersebut, biasanya air tersebut akan muncul lagi secara misterius. Jika hal itu terjadi, maka Anda harus mencurigai saluran air terdekat yang mungkin tidak terlihat.  Segera ganti pipa tersebut sebelum kebocoran yang terjadi semakin parah dan tentunya akan malah merepotkan Anda lebih lagi.

4. Tagihan Air Membengkak

Jika tiba-tiba Anda merasa bahwa tagihan air di rumah Anda setiap bulannya mengalami pembengkakan atau Anda membayar lebih banyak dari biasanya, maka perlu dicurigai apakah ada kebocoran yang selama ini tidak Anda sadari. Tentunya setiap tetes air yang mengalir dari pipa yang bocor juga akan terhitung sebagai air yang Anda konsumsi dan harus Anda bayarkan. Bayangkan jika setiap detiknya ada satu tetes air yang mengalir, maka dalam satu bulan ada berapa puluh liter air yang terbuang secara sia-sia.

Setelah mengetahui  beberapa tanda bahwa pipa di dalam rumah kesayangan Anda mengalami kebocoran, segera perbaiki pipa yang bocor tersebut dengan pipa baru yang tentunya juga memiliki kualitas yang baik agar ke depanya tidak dengan mudah rusak lagi dan perlu diperbaiki. Jika tidak segera diganti, maka berbagai macam kerugian akan menanti Anda dan pastinya Anda perlu mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk hal tersebut.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Kenali 4 Tanda Pipa Bocor"

Post a Comment