Traveling atau Travelling Sih? Ini Dia 5 Kata Bahasa Inggris yang Membingungkan!


kata bahasa Inggris yang membingungkan

KiniMuda.com - Bahasa selalu menjadi subjek yang paling menarik untuk diamati dan dipelajari. Pasalnya, bahasa selalu mengalami perkembangan. Bahasa pun memiliki banyak sekali variasi yang umumnya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. 

Salah satu bahasa paling unik adalah bahasa Inggris. Para pecinta bahasa pasti setuju dengan statement ini. Mengingat perannya sebagai bahasa pemersatu, tentu kita sudah tidak heran lagi jika bahasa Inggris selalu disisipkan dalam kegiatan berbahasa baik secara lisan maupun tulisan.

Para anak muda yang hobinya jalan-jalan seringkali menyebut atau menulis kata “traveling” bukan? Tapi, ada pula yang menulisnya dengan double L yaitu “travelling”. Apa sih bedanya? Mana yang benar? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan mengenai beberapa kata bahasa Inggris yang membingungkan below.

Grey VS Gray
 
Kata pertama yang seringkali membingungkan warganet atau para pembelajar bahasa Inggris baru adalah kata yang berarti “abu-abu” ini. Kata gray mungkin lebih banyak digunakan dan lebih dikenal. So, how about grey? Secara arti, kedua kata ini memiliki arti yang sama yaitu “abu-abu”. Perbedaannya sederhana. 

Kamu tentu pernah mendengar istilah American English dan British English, bukan? Sekedar mengingatkan lagi, American berarti orang-orang Amerika dan American English sama artinya dengan bahasa Inggris yang dipakai oleh orang-orang Amerika. Sedangkan British  English adalah bahasa Inggris yang dipakai oleh orang-orang Inggris. 

Kedua aliran ini memiliki beberapa perbedaan dan perbedaan pertama terletak di “abu-abu” ini, Grey merupakan kosatakanya British sedangkan gray lebih ke American English. 

Airplane VS Aeroplane
 
Kata kedua yang juga sering membuat kita pusing adalah kata airplane dan aeroplane. Biar saya tebak, airplane pasti menjadi kata yang paling familiar buat kamu kan? But, bagi kamu yang sering berselancar di website luar negeri, kadang-kadang kamu mendapati kata “aeroplane”.

Coba deh kamu cek artinya. Yes, artinya itu sama. Lagi-lagi, perbedaan yang mendasarinya hanyalah aliran antara English atau disebut juga dengan British dan American English. Airplane itu Amerika sedangkan aeroplane lebih klasik yakni British.

Traveling VS Travelling

Akhirnya kita sampai pada kata yang sudah banyak disinggung di atas. Artinya pasti kalian sudah hafal bukan? Secara, sudah banyak sekali anak muda yang memanggil dirinya sebagi “traveler”. 

Kamu si traveler sejati pasti sangat rugi kalau tidak tahu perbedaan antara keduanya. Sama seperti pembahasan di atas. Perbedaannya hanya terletak pada dua aliran besar bahasa Inggris. Traveling dengan single L (eits, yang single jangan baper), lebih digunakan oleh United States sedangkan travelling dengan double L digunakan oleh orang-orang di United Kingdom A.K.A British people.
 
Instal VS Install

Kasusnya sama dengan kasus di atas antara si single L dan si double L. Ya, si jomblo selalu dibedakan dengan yang sudah double ketemu pasangannya. Ngawur, abaikan. Nah, walaupun kasusnya agak sama, tetapi perbedaannya agak sedikit rumit. Beberapa sumber menyebutkan bahwa install dengan dua L lebih digunakan di Amerika dan instal satu L digunakan British

Namun, ada sebagian pihak yang menyebutkan sebaliknya. Terus gimana? Kita ambil saja suara terbanyak. Tapi jika secara lisan, dua kata ini tidak lah terlalu berbeda pengucapannya. So, it is OK, yang jelas keduanya benar.

Favorite VS Favourite

Terakhir, banyak kata yang ditambahkan huruf U setelah O seperti favourite atau colour yang mana sama saja artinya dengan yang tidak disisipkan U. Masalahnya lagi-lagi kembali pada UK dan US. American lebih suka menggunakan favorite sedangkan British lebih suka menggunakan favourite.

Apa itu saja perbedaan antara American English dan British? NO. Masih banyak lagi perbedaan lainnya baik pada kosakata, spelling maupun pelafalannya. Lalu, apakah aliran bahasa Inggris hanya American English dan British English? Jawabannya lagi-lagi, no. 

Masih ada yang namanya Canadian English, Australian English dan lain sebagainya. Ingat, bahasa itu luas dan sangat menarik. Kita akan bahas sisi lainnya dari bahasa di postingan yang lainnya ya. Sekarang, semoga 5 kata bahasa Inggris yang membingungkan ini sudah tidak berlaku lagi buat kamu.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

11 Responses to "Traveling atau Travelling Sih? Ini Dia 5 Kata Bahasa Inggris yang Membingungkan!"

  1. Wahh , ilmu baru nih kebetulan aku jga mahasiswa jur b.inggris😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya.. aku baru tau. Bisa sharing dong kita.

      Delete
  2. Wah nambah ilmu lagi nih Ka 😍. Makasih Ka eca 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiii ada Aya. Makasih sudah mampir dan membaca De.. Semoga bermanfaat ya.

      Delete
  3. Color vs colour
    Berarti intiya beda di kebiasaan suatu negara aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Exactly, Mbak. Indonesia sendiri lebih berkiprah ke American English.

      Delete
  4. Favorite sama favourite itu yang kadang bikin bingung ya. :D tapi kadang bingung lagi sama kata yang gini, biasa di sekolah ditulis gini "I am" terus tiba-tiba katanya yang gaooolll atau british jadi "imma" 😱

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantesan aku liat di bio IG-mu (kalau gak salah) pake Imma gituh. Hehe... aku jadi dapat ide next artikel dari komentarmu. Nanti insya Allah dibahas deh. Tapi bener itu gaul abis. hehe

      Delete
  5. Sama-sama bahasa inggris tapi penulisannya beda ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak. Keduanya sama-sama benar.

      Delete
  6. Emang harus lebih memperdalam bahasa inggris lg ya karena banyak kosakata yg membingungkan, kayak tulisan you are welcome sama your welcome

    ReplyDelete