5 Tips Berlibur Bersama Orang Tua

KiniMuda.com - Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tentu tidak akan sama dengan saat kamu berlibur dengan teman sepermainan. Kamu perlu memperhitungkan banyak hal untuk bisa membawa keluarga, terutama orang tua untuk berlibur.

Ya, membawa orang tua memang tidak akan sama repotnya dengan saat kamu membawa anak-anak atau bayi. Keuntungannya, orang tua telah mengerti kamu dan kamu telah mengerti orang tua kamu sendiri.

Persoalan saling mengerti bisa meredam konflik yang mungkin terjadi selama perjalanan, meskipun tidak menutup kemungkinan, konflik tersebut tetap ada sekalipun kamu dan orang tua sedang berlibur bersama.

Membawa orang tua untuk berlibur setidaknya sama dengan membawa anak atau bayi berlibur. Kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan terperinci. Kamu juga perlu memperhitungkan biaya tak terduga, karena orang tua seringkali membutuhkan peralatan atau ingin membeli barang secara mendadak di tempat-tempat liburan.
5 Tips Berlibur Bersama Orang Tua
Sumber: forbesimg.com
Meski begitu, melakukan liburan dengan orang tua tentu sangat menyenangkan. Kamu bisa menyenangkan hati orang tua dan memberikan sesuatu yang berharga meski bukan berupa materi.

Kamu bisa mulai dengan menabung dan menyisihkan penghasilan bulanan untuk membiayai pengeluaran selama berlibur. Selain itu, kamu juga perlu membuat daftar rencana pengeluaran sehingga mengurangi potensi hadirnya biaya berlebih selama menghabiskan masa liburan.

Terlepas dari semua itu, ada hal-hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan saat berlibur bersama orang tua. Beberapa hal tersebut bisa kamu lihat dalam tips-tips berikut ini:

1. Memilih kota tujuan yang tepat
Membawa orang lain berlibur tentu berbeda dengan saat kamu menghabiskan waktu liburan seorang diri atau bersama pasangan dan teman. Kamu perlu menentukan kota tujuan yang tepat sebelum akhirnya memutuskan untuk benar-benar pergi berlibur.

Kamu perlu mendiskusikan hal ini langsung bersama kedua orang tua kamu. Tanya pendapat mereka akan kota tempat tujuan wisata yang tepat untuk mereka. Apakah mereka ingin melakukan wisata alam atau kuliner. Dengan demikian kamu bisa memberikan gambaran kepada mereka atas tempat-tempat wisata yang sesuai.

Guna menghemat biaya kamu cukup mengajak mereka ke luar kota tanpa perlu ke luar dari Indonesia. Dengan berwisata ke luar kota pun, mereka akan terhibur dan merasakan sukacita.

2. Memilih transpotasi yang tepat
Setelah menemukan kota tujuan, maka kamu perlu mempertimbangkan penggunaan transportasi yang tepat. Jika kamu berkunjung ke kota yang masih terletak di pulau Jawa, maka kamu bisa menggunakan transportasi darat seperti kereta api.

Penggunaan kereta api juga bisa membuat bujet pengeluaran kamu semakin kecil. Lagipula biaya tiket kereta api jauh lebih murah dibandingkan pesawat terbang, bukan?

Selain itu, kini kamu juga bisa semakin mudah membeli tiket kereta api, tanpa harus menghabiskan waktu untuk mengantre di loket keberangkatan. Kamu hanya perlu membeli tiket tersebut secara online dan memilih kelas dan tujuan kereta api yang sesuai.

Pembelian tiket online bisa dilakukan langsung di situs web resmi Traveloka.com. Dengan melakukan reservasi tiket KAI di Traveloka, maka kamu sudah menghemat banyak waktu dan memangkas proses yang lama, loh.

3. Membuat rencana perjalanan dengan terperinci
Menentukan tempat-tempat wisata tujuan juga perlu kamu lakukan agar membuat liburan bersama orang tua terasa lebih menyenangkan. Kamu perlu menyusun setiap lokasi yang perlu dikunjungi, waktu kunjungan, detail lokasi untuk kuliner, detail lokasi untuk mencari sovenir, dan sebagainya. Dengan perencanaan detail tersebut, kamu bisa menggunakan setiap waktu dengan baik.

4. Membawa peralatan P3K
Meskipun kamu berlibur bersama orang tua, peralatan P3K sangat penting untuk kamu bawa selama perjalanan. Sekadar membawa obat-obatan, perban, minyak angina serta peralatan kesehatan yang biasa dibutuhkan oleh orang tua kamu, bisa kamu lakukan untuk mencegah hal-hal buruk terjadi selama perjalanan.

5. Menyewa kendaraan di kota tujuan
Guna mempermudah perjalanan sekaligus memberikan rasa nyaman, kamu perlu menyewa kendaraan saat telah tiba di kota tujuan. Kamu bisa mencari tahu jasa penyedia kendaraan roda empat beserta supir dari pihak hotel.

Itulah lima hal yang perlu kamu perhatikan saat berwisata bersama orang tua. Pastikan kamu untuk memberikan yang terbaik selama perjalanan, guna memberikan kesenangan yang luar biasa kepada mereka. Selamat berlibur!

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "5 Tips Berlibur Bersama Orang Tua"

Post a Comment