Ingin Sukses Jualan Online? Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Memulai


sukses jualan online
KiniMuda.com - Cara berbelanja telah berubah menjadi semakin mudah yaitu hanya dengan duduk di depan layar dengan koneksi internet. Ya, berbelanja online sudah sangat membudaya di hampir seluruh golongan masyarakat. Fakta ini pula yang membuat banyaknya toko online yang bisa kita dapatkan dalam satu kali pencarian di Google. 

Logikanya, semakin banyak toko online, semakin banyak pesaing dan semakin meningkat pula kesulitan kompetisi untuk menjadi penjual online yang dipercaya dan memiliki banyak pelanggan. Kesalahan yang sering dilakukan para penjual online pemula adalah preparation yang minim. Padahal, bagaimana kamu memulai sesuatu akan sangat menentukan kesuksesanmu. Tidak ingin kamu salah kaprah, berikut 5 hal yang sebaiknya kamu lakukan jika ingin sukses jualan online.

1.    Buat Logo Toko Online-mu
Logo sebuah toko terkesan sepele dan sering sekali diabaikan oleh para pebisnis pemula entah itu online ataupun offline. Padahal, perlu kamu tahu bahwa keberadaan sebuah logo sangat ampuh dalam memberikan kesan baik untuk toko online yang sedang kamu rintis. Logo membuat tokomu terlihat profesional. Namun, kamu juga harus memperhatikan kualitas logo. Pastikan sesuai dengan fokus sasaran kostumer kamu.

2.    Pilih Sistem yang Tepat
Sistem yang dimaksud di sini adalah semua sistem yang berkaitan dengan toko online kamu. Sistem pertama yang perlu kamu pikirkan matang-matang adalah jenis usaha kamu, apakah kamu akan menjadi seller dengan produk sendiri, reseller yaitu menjual produk orang lain atau dropshipper. Cari link yang menguntungkanmu sesuai dengan target kamu.

Pilih pula tempat utama jualan kamu, apakah kamu ingin membuat website, jualan di marketplace atau hanya di media sosial. Semuanya bagus asal kamu harus menyesuaikan dengan rencana dan target keseluruhan.

3.    Buat Gambar yang Bagus dan Deskripsi jelas
Kualitas gambar telah menjadi penentu kualitas sebuah barang. Belanja online itu sangat erat hubungannya dengan gambar. Semakin berkualitas gambar kita, semakin senang pembeli untuk berbelanja di toko online kita. So, jangan sekali-kali menggunakan gambar yang buram dan terkesan sudah reupload berulang kali. Jangan lupa untuk menyertakan deskripsi yang sejelas mungkin.

4.    Buat Akun Media Sosial
Pengguna media sosial di Indonesia mencapai angka yang sangat tinggi. Hal ini tentu harus kamu manfaatkan sebagai fasilitas jualan kamu. Sekalipun kamu telah berjualan di sebuah website, keberadaan akun media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook tetap harus ada dan harus update

5.    Pilih Metode Pengiriman yang Disukai Pembeli
Berbeda dengan offline yang tidak memerlukan pengiriman, jika online, faktor pengiriman ini harus kamu pertimbangkan dengan baik. Jangan sampai opsi pengiriman barang memberatkan pembeli. Sebaliknya, kamu sebaiknya menawarkan beberapa opsi yang paling bagus.

6.    Promosikan dengan Kreatif
Siapa saja bisa promosi tapi tidak semua orang paham tentang teknik promosi. Cobalah untuk promosi dengan cara yang kreatif. Misalnya saja, cobalah kamu buat sebuah tulisan menarik yang secara tidak langsung bertujuan menjual produk yang kamu perdagangkan. Cara lainnya, kamu juga bisa membuat video singkat yang lagi-lagi akhirnya mempromosikan barangmu. Kamu juga bisa meminta bantuan pihak ke-3 seperti influencer dan lain sebagainya.

So, siapa saja sebenarnya bisa sukses jualan online. Semua orang berhak untuk berhasil. Saya tutup dengan sebuah kalimat, “You were born to win, but to be a winner you must plan to win, prepare to win and expect to win”. Salam.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Ingin Sukses Jualan Online? Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Memulai"

Post a Comment