Jangan Sampai Postinganmu Jadi Petaka, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini Sebelum Posting di Sosial Media

posting di sosial media

KiniMuda.com - Hai kamu yang kini sedang muda! Masa muda kita tentu sangat jauh berbeda dengan masa muda orang tua kita dulu ya. Pasalnya, kita memiliki banyak sekali media untuk mengekplor diri seperti sosial media. Sayangnya, kemajuan teknologi ini terkadang disalahgunakan sehingga muncullah dampak negatif yang tidak sedikit seperti ketergantungan pada sosial media atau unggahan yang tidak layak.

Unggahan di sosial media yang seharusnya dapat menginspirasi orang lain malah berakibat sebaliknya. Nah, sudah saatnya kamu menjadi generasi muda yang lebih kritis dalam menyikapi sesuatu termasuk dalam hal mem-posting sesuatu. So, mulailah lakukan 6 hal di bawah ini sebelum posting di sosial media.

1.    Jangan Lampiaskan Marahmu di Status

Tidak bisa dipungkiri bahwa kenyataannya masih saja ada banyak remaja yang suka menulis status saat mood mereka sedang tidak bagus. Posting-an ini biasanya berisi hujatan akan sesuatu, seseorang, maupun kondisi di lingkungannya. Status atau posting-an yang berisi hujatan ini sama sekali tidak ada manfaatnya. 

Sebaliknya, status marah-marahmu malah membuatmu terlihat tidak dewasa dan jauh dari kesan bijaksana. Lebih parahnya, posting-an seperti ini bisa menimbulkan pertengkaran dahsyat di dunia nyata. 

2.    Pastikan Tulisanmu Tidak Menyinggung Orang Lain

Kita mempunyai hak untuk beropini namun jangan sampai kamu terlalu menyudutkan orang lain apalagi jika kamu tidak terlalu paham tentang sesuatu yang kamu singgung. Pepatah mengatakan bahwa anjing menggonggong kepada orang yang tidak ia kenali. So, teliti sekali lagi postinganmu. Kamupun tidak suka disinggung bukan?

3.    Jangan Sertakan Informasi Pribadi

Tidak perlu menyertakan informasi pribadi seperti nomor telepon atau alamat rumah secara gamblang di statusmu. Jangan terlalu mengumbar dirimu di dunia maya. Kemudahan akses informasi di dunia maya malah akan membuat orang jahat semakin mudah untuk melancarkan aksinya padamu.

4.    Perhatikan Kesopanan Foto yang Mau Di-posting

Bukan hanya kalimatmu yang harus sopan tetapi setiap foto ataupun video yang kamu unggah juga harus sopan. Sekali saja fotomu diunggah ke sosial media, maka tidak akan bisa ditarik kembali. Mengapa? Hal ini karena sudah banyak sekali yang melihat fotomu, atau mungkin men-downloadnya.  



5.    Jangan Langsung Share Tanpa Mengetahui Keabsahan Sebuah berita

Masyarakat kita khususnya yang muda cenderung suka membagikan sebuah  berita apalagi berita yang sedang viral tanpa berpikir panjang. Nah, kamu peru tahu bahwa media maya penuh dengan hoax. Tidak lucu dong jika ada orang lain yang terpengaruh karena posting-an hoax dari kamu.

6.    Selalu Cantumkan Penulis Asli Jika Mau Share 

Sekecil apapun itu, jangan biasakan untuk melakukan copy paste tanpa menghargai penulis aslinya. Milikilah moral dan etika yang baik dalam hal tulis-menulis. Menuliskan sumber berita juga bermanfaat karena kalau ada apa-apa dengan berita itu, bukan kamu yang akan dituntut.

Posting di sosial media sebenarnya bukanlah sesuatu yang sangat sederhana tetapi bukan pula sesuatu yang super rumit. Intinya, kamu harus mempunyai sejumlah aturan dan etika agar tidak jadi senjata makan tuan. Remember, what you say defines you!

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Jangan Sampai Postinganmu Jadi Petaka, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini Sebelum Posting di Sosial Media"

Post a Comment