Terkesan Sepele, 5 Kebiasaan yang Sering Dilakukan di Bulan Puasa Ini Ternyata Tidak Sehat

kebiasaan yang sering dilakukan di bulan puasa

KiniMuda.com - Bulan ramadhan, bulan yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim akhirnya tiba lagi. Bulan puasa dapat dijadikan sebuah proses belajar untuk menahan nafsu. Selain itu, puasa ternyata juga sangat bagus untuk kesehatanmu.

Puasa diklaim sebagai cara yang paling ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit asalkan dilakukan dengan benar. Sayangnya, tanpa sadar, sebagian besar orang sering melakukan kebiasaan yang nampaknya wajar padahal tidak sehat. Kebiasaan yang sering dilakukan di bulan puasa inilah yang membuat manfaat puasa berkurang. Simak ulasannya di bawah ini.

1.    Langsung Tidur Setelah Makan Sahur


Kenyang memang sebuah kondisi yang umumnya menyebabkan kantuk. Rasanya pasti malas untuk melakukan apapun apalagi di pagi buta yang dingin. Bawaannya pasti ingin segera balik ke dalam selimut. Kebiasaan ini ternyata bukanlah kebiasaan yang sehat.

Sebaliknya, kebiasaan ini dapat menyebabkan berbagai macam masalah pencernaan karena tubuhmu harus bekerja keras untuk mencerna makanan ketika tubuh dalam mode istirahat. Bukan hanya itu, tidur langsung setelah sahur juga dapat menyebabkan asam lambung.

2.    Terlalu Banyak Konsumsi Air di Waktu Sahur

Jujur saja, pasti kamu sering berpikir bahwa kebutuhan air harus disediakan dengan banyak di saat sahur agar kamu tidak mengalami dehidrasi saat menjalani puasa nanti. Lucunya, hal ini tidak berlaku lo.

Percaya atau tidak, jam setelah sahur merupakan jam alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran sehingga kamu pasti akan sering buang air kecil di pagi hari jika banyak minum. Alhasil, tubuh malah akan dehidrasi. Seharusnya kamu minum secara berkala dari waktu buka puasa sampai menjelang sahur.

3.    Tidur Secara Berlebihan di Bulan Puasa

Memang benar bahwa tidurnya orang yang berpuasa itu baik dan tidak ada masalah dengan puasanya selama ia sudah berniat. Namun, tidur secara berlebihan di siang hari bukanlah sesuatu yang dianjurkan. Tubuhmu mungkin akan mengalami lelah dan kantuk pada jam-jam tertentu di siang hari.

Hal ini memang wajar terjadi namun bukan berarti kamu harus memanjakan tubuhmu dengan tidur berlama-lama. Tidurlah beberapa menit saja, misalnya 20 menit. Percayalah bahwa tubuh memiliki cara beradaptasi sendiri dengan pola yang kamu terapkan.

4.    Makan dengan Cepat Saat Berbuka

Tergesa-gesa dalam menyantap makanan baik itu karena alasan laparmu sudah maksimal ataupun alasan lainnya, tetap saja tidak sehat. Puasa atau tidak, sebenarnya kamu dianjurkan untuk makan secara perlahan dan mengunyah makananmu sampai layak untuk ditelan. Apalagi jika kamu berpuasa, makan tergesa-gesa dapat memberi dampak buruk pada kesehatan pencernaanmu.

5.    Makan Berlebihan Saat Berbuka

Lagi-lagi, masyarakat umumnya beropini bahwa kita harus banyak makan ketika berbuka agar tetap sehat dan tidak kelelahan. Opini ini ternyata tidaklah terbukti benar. Bukankah segala hal yang berlebihan itu tidak baik? Nah, begitu pula dengan makan yang berlebihan apalagi jika sajian yang kamu makan bukan sajian yang sehat seperti gorengan, junk food, minuman dengan kadar gula tinggi, kopi, dan lain sebagainya.

Dari pembahasan di atas, kamu pasti bisa menemukan sebuah jawaban mengapa puasa yang katanya menyehatkan malah bisa membuat kondisi fisik tidak sehat. Perlu digarisbawahi bahwa bukan puasa yang harus disalahkan melainkan cara kita dalam menjalankan puasalah yang harus dikoreksi. Buanglah segala kebiasaan yang sering dilakukan di bulan puasa di atas ya.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Terkesan Sepele, 5 Kebiasaan yang Sering Dilakukan di Bulan Puasa Ini Ternyata Tidak Sehat"

Post a Comment