5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan untuk Menangkal Dampak Negatif Broken Home

dampak negatif broken home

KiniMuda.com - Keluarga merupakan lingkungan terdekatmu yang dengan kata lain berpengaruh terhadap segala aspek dalam kehidupanmu. Perpecahan dan perceraian dalam sebuah rumah tangga memang hal paling buruk yang untuk dibayangkan saja rasanya sudah sanggup membuat kita ketakutan. 

Broken home umumnya disebabkan oleh terjadinya perceraian, ketidakdewasaan orang tua, adanya masalah ekonomi, kurang rasa tanggung jawab dari orang tua dan lain sebagainya. Sudah dapat dipastikan bahwa broken home ini dapat meninggalkan luka bagi siapa saja yang pernah mengalaminya. 

Menderita gangguan psikis, membenci orang tua, punya masalah moral, tidak mudah bergaul merupakan beberapa dampak negatif broken home dari sekian banyak dampak lainnya. Pertanyaannya, apakah mutlak semua korban broken home akan mengalami dampak negatif tersebut? Jawabannya tidak, selama kamu bisa menangkalnya dengan 5 cara di bawah ini.

1.    Cobalah untuk Mengikhlaskan

Kebanyakan korban broken home berpikir kenapa masalah seperti ini menimpanya dan mengapa tidak orang lain saja. Nah, jika kamu mau hidup tenang dan terhindar dari hal-hal negatif, maka kamu harus berhenti berpikir seperti itu. Terimalah keadaan yang sudah terjadi dengan ikhlas dan banyak-banyaklah mengingat tuhan serta beribadah.

2.    Jangan Sembarangan Bergaul

Broken home kadang membuat seseorang tampak menyendiri dan kesulitan beradaptasi atau kadang malah membuat seseorang mudah terbawa arus pergaulan yang salah. Nah, sebelum terlambat, kamu sebaiknya mengambil posisi tengah yaitu tidak menyendiri namun tidak bergaul dengan orang yang salah. Pergaulan yang salah akan sangat memicu si broken home untuk lari ke hal-hal negatif.

3.    Jangan Pikul Beban Seorang Diri
Jangan menyalahkan dirimu akan semua permasalahan orang tua apalagi jika sampai memikul beban dari masalah tersebut. Jika kamu memang masih merasa memiliki beban maka janganlah kamu pikul beban seorang diri. Cobalah untuk share beban tersebut kepada sesorang yang kamu percayai.


4.    Ikuti dan Lakukan Hal Baru yang Positif
Berpikir positif di sela-sela trauma dan sakit akibat broken home memang bukanlah hal yang mudah. Namun, kamu bisa melakukannya dengan cara mengikuti hal baru yang positif sesuai hobimu seperti traveling, bermusik, dan masih banyak yang lainnya. Tanpa sadar kamu pasti akan merasakan pikiranmu perlahan teralihkan dan menjadi lebih positif.

5.    Jangan Pernah Berpikir Bahwa Kamu Sendiri

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan tidak berpikir bahwa kamu hanya seorang diri atau kamu satu-satunya yang paling menderita. Bukalah mata dan pikiranmu luas-luas. Lihat sendiri bahwa banyak orang yang awalnya lebih menderita daripada kamu namun berhasil melaluinya bahkan berhasil sukses karena masalahnya tersebut. Yakinlah, kamu tidak sendiri.

Dengan melakukan 5 hal di atas, kamu pasti bisa meminimalisir dampak negatif broken home yang kamu alami. Ingatlah bahwa sejatinya tidak ada satu orang pun di dunia ini yang terlepas dari masalah. Orang lain yang tampak bahagia, tertawa, dan sukses pasti juga dihinggapi masalah namun mereka sadar bahwa masalah tidak sedikitpun berhak untuk menghancurkan mereka. Keep positive, guys!

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan untuk Menangkal Dampak Negatif Broken Home"

Post a Comment