Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Kelamaan di Depan Komputer

Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Kelamaan di Depan Komputer

KiniMuda.com - Di era perkembangan teknologi yang semakin cepat, semakin bergantung pula kita terhadap teknologi tersebut. Jaman sekarang, setiap hari, kita semakin tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone atau komputer, baik desktop ataupun laptop, untuk menjalani aktivitas kita sehari-hari.

Kamu tentu tahu bahwa menghabiskan waktu lebih dari 5 jam di depan layar komputer itu tidak sehat. Apa lagi kalau pekerjaan mengharuskan kamu memelototi layar komputer sampai 9 jam sehari! dapat membuat mata kamu mengalami kelelahan yang akhirnya dapat membuat mata mengalami beberapa gangguan seperti mata merah, berkedut hingga penglihatan yang mulai kabur. Hal tersebut jika terus dibiarkan tanpa ada tindakan dan perhatian lebih lanjut, bisa saja mengancam kesehatan mata kamu. Kamu tentu tidak ingin mengalami hal tersebut bukan? Maka dari itu KiniMuda.com mengulas cara mengatasi mata lelah akibat kelamaan di depan komputer.

1. Beristirahat

Menatap komputer terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi tegang. Untuk itu, saat mata merasa lelah, ada baiknya jika kamu segera beristirahat meskipun sejenak. Ambilah istirahat kecil, entah berjalan-jalan kecil atau mengalihkan pandangan anda pada objek lain (objek yang jauh), dan melakukan senam ringan untuk peregangan otot-otot bahu dan leher untuk mencegah terjadinya computer vision syndrome.

2. Kendurkan Otot Mata

Kendurkan otot-otot mata dengan cara menggosok-gosokan kedua telapak tangan yang kemudian akan menghasilkan efek panas, setelah itu tempatkan jari-jari tangan yang terasa panas pada daerah atas mata. Rasa panas tubuh tersebut akan membuat otot-otot mata menjadi lebih rileks.

3. Berkedip

Berkedip adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat mata kembali segar. Saat mata kamu merasa lelah, usahakan untuk mengedip-ngedipkan mata untuk memulihkan kebugaran mata. Meski sederhana, cara ini banyak dipilih untuk memulihkan kesehatan mata.

4. Berikanlah Jarak Dengan Layar Monitor

Menatap layar monitor terlalu dekat tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mata, area punggung dan leher kamu pun bisa terganggu karena pegal dan rasa sakit.  Untuk itu, berikanlah jarak antara tempat duduk kamu dengan layar monitor. Buatlah posisi senyaman mungkin agar kamu tidak harus bekerja ekstra dengan menjulurkan leher pada bagian monitor karena objek pada monitor yang tidak terlihat dengan jelas.

5. Sesuaikan Kecerahan Layar Komputer

Layar computer yang terlalu cerah akan membuat mata kamu mudah merasa lelah. Untuk itu, sebaiknya atur kembali kecerahan pada layar monitor, usahakan untuk tidak terlalu terang, agar mata anda tidak cepat merasa lelah.



6. Gunakan Kacamata Anti Silau

Untuk mengatasi kecerahan yang berlebih pada layar monitor kamu. Tidak ada salahnya mencoba cara lain dengan menggunakan kacamata anti silau. Agar mata kamu senantiasa terjaga dari paparan cahaya yang terlalu kontras.

7. Pijat Mata

Cara lain yang lebih nyaman adalah dengan rutin memijat bagian mata saat menjelang tidur. Cobalah gerakan memijat bagian kelopak mata dengan lembut dengan gerakan melingkar selama kurang lebih dua menit. Memijat adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot mata yang tegang.

8. Gunakan Obat Tetes Mata

Saat ini banyak sekali obat tetes mata yang di jual di pasaran, gunakan obat tetes mata secara teratur saat mata anda mulai lelah.

9. Rutin Periksakan Mata

Meski kamu tidak berkacamata, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksakan kesehatan mata. Hal tersebut adalah cara terbaik untuk mendeteksi berbagai penyakit yang berkaitan dengan mata.

Seperti peribahasa "Mencegah lebih baik dari pada mengobati" maka dari itu, sebaiknya lakukan hal-hal di atas untuk mengatasi mata lelah akibat kelamaan di depan komputer.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Kelamaan di Depan Komputer"

Post a Comment