Cara Mengatasi Kebiasaan Boros Berbelanja

Cara Mengatasi Kebiasaan Boros Berbelanja

KiniMuda.com - Boros berbelanja adalah salah satu kebiasaan yang banyak di miliki oleh sebagian masyarakat, Kebiasaan menghamburkan uang untuk berbelanja memang merupakan kebiasaan yang bisa memanjakan diri, akan tetapi jika kebiasaan ini tidak di tangani dengan tepat maka kamu pun akan mendapatkan banyak kesulitan sesudahnya. Bagi kamu yang hobi belanja memang kegiatan ini sangat mengasikkan, namu jika kamu terlalu larut dalam kegiatan belanja tanpa memperhitungkan pengeluaran, maka kamu pun tidak akan dapat mengontrolnya.

Berbelanja memang merupakan sebuah kebutuhan, akan tetapi terkadang ketika kamu sedang melakukan belanja kamu pun tergiur dengan berbagai barang sehingga tanpa sadar kamu membelanjakan uang dengan jumlah yang banyak dan membuat pengeluaran membengkak. Nah hal ini tentunya akan membuat keuangan kamu tidak stabil, padahal banyak sekali kebutuhan yang harus di penuhi dalam beberapa waktu kedepan.

Sifat boros berbelanja memang terkadang sangat menyulitkan dan untuk menghilangkan kebiasaan ini pun terkadang sangat sulit untuk dilakukan. Namun jika kamu tau caranya, maka kamu pun akan mudah mengurangi atau bahkan menghilangkannya sekalipun. Jika kamu tidak tau caranya, silahkan coba cara mengatasi kebiasaan boros berbelanja di bawah ini:

1. Catat kebutuhan sebelum berbelanja
Cara ini adalah cara yang sangat efektif, karena dengan menggunakan list belanja maka semua kebutuhan akan terpenuhi dan hal lainnya yang tidak penting tidak ikut terbeli tanpa sengaja.

2. Gunakan uang secukupnya
Ketika kamu akan berbelanja, sebaiknya kamu hanya membawa uang secukupnya saja. hal ini untuk mencegah kamu untuk berbelanja berlebihan, karena dengan merasa uang yang dibawa masih banyak terkadang seseorang akan kalap dan akan menghabiskan semua uang yang dibawa untuk berbelanja.

3. Bawa uang tunai, hindari membawa ATM atau Kartu Kredit
Selain membawa uang berlebihan, hindari juga membawa kartu ATM dan Kartu Kredit. Hal ini penting, mengingat mudah nya berbelanja menggunakan kartu ATM dan kartu kredit, bukan tidak mungkin kamu akan tergiur dengan barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.



4. Cari promo, namun tetap sadar diri
Promo memang banyak menguntungkan, dengan murahnya barang-barang yang ditawarkan terkadang membuat kita lupa bahwa sebenarnya banyak barang yang tidak perlu di beli. Hal ini sangat mungkin terjadi, mengingat harga promo yang murah membuat kita tidak sadar diri dan berbelanja sebanyak mungkin.

Maka dari itu, penting untuk tetap sadar diri dengan barang apa saja yang di butuhkan.

Nah itulah sedikit cara yang bisa kamu aplikasikan untuk mengatasi kebiasaan boros berbelanja. Jika sobat KiniMuda.com mempunyai cara lainnya, jangan sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar,  semoga bermanfaat dan terima kasih.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Cara Mengatasi Kebiasaan Boros Berbelanja"

Post a Comment