Tempat Wisata Unik yang Hanya Ada di Kalimantan Barat

KiniMuda.com - Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara bagian Sarawak, Malaysia.

Kalimantan Barat juga merupakan provinsi terluas ke empat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Dengan luas wilayah 146.807 km² atau 7,53% dari luas Indonesia. Provinsi ini juga memiliki puluhan pulau besar dan kecil yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Demikian sedikit fakta tentang Provinsi Kalimantan Barat, namun yang akan KiniMuda.com ulas di sini adalah tempat wisata unik nya yang hanya ada di Kalimantan Barat. Lantas apa saja wisata uniknya? Yuk cari tahu dengan membaca artikel ini sampai habis ya.

Tugu Khatulistiwa


Tugu Khatulistiwa Wisata Unik di Kalimantan Barat

Salah satu tempat wisata yang hanya ada di Kalimantan Barat ialah Tugu Khatulistiwa atau yang di sebut juga dengan monument equator yang berada di pontianak utara atau 3 kilometer dari pusat Kota Pontianak.

Tugu khatulistiwa ini di bangun pada tahun 1928 dengan bentuk tonggak dan anak panah, selanjut nya di perbaiki pada tahun 1930 dengan menambah lingkaran pada anak panah dan pada tahun 1938 di sempurnakan oleh opzicter atau architech silaban. namun pada tahun 1990 tugu khatulistiwa ini di renovasi lagi dengan menambah kubah untuk melindungi tugu asli dan di buat juga duplikat tugu dengan ukuran 5 kali lebih besar dari tugu asli nya.

Berdasarkan sejarah berdiri nya tugu ini di karena pada tahun 1928 rombongan ekspedisi internasional yang di pimpin oleh seorang geografi dari belanda untuk mencari titik nol garis khatulistiwa. namun pada tahun 2005, badan pengkajian dan penerapan teknologi atau di singkat dengan BPPT melakukan koreksi pada titik nol garis khatulistiwa dengan menggunakan GPS dan hasil pengkuran BPPT menunjukan posisi tugu saat ini tidak berada di titik nol sebenar nya, melainkan di titik 0 derajat, 0 menit, 3.809 detik lintang utara dan 109 derajat, 19 menit, 19.9 detik lintang bujur timur. Sedangkan titik nol yang sebenarnya berada 117 meter ke arah sungai kapuas dari arah tugu saat ini.

Apabila kamu ingin mengujungi tugu yang bertuliskan EVENAAR (dalam bahasa belanda) atau di sebut juga dengan equator ini, Datanglah pada tanggal 21 sampai 23 maret dan 21 sampai 23 september. Karena kamu akan mengalami hal yang menakjubkan yaitu titik kulminasi matahari, di mana ketika matahari berada tepat di garis khatulistiwa. Fenomena kulminasi ini menghilangkan bayangan tugu khatulistiwa dan benda-benda sekitar nya.



Fenomena kulminasi ini hanya terjadi di 5 negara, seperti brazil, equador, peru, culombia dan indonesia tentu nya. namun hanya di Kota Pontianak lah yang benar-benar di lewati garis khatulistiwa.

Bukit Kelam

Bukit Kelam Wisata Unik di Kalimantan Barat

Tempat wisata unik selanjutnya ialah Bukit Kelam,  bukit yang merupakan sebuah gunung ini terletak di 20 km dari kota sintang dan sekitar 395 km dari kota Pontianak, Kalimantan Barat. Gunung yang membentang dari barat ke timur ini memiliki ketinggian 1.002 mdpl atau sekitar 4 hingga 5 jam waktu yang di butuhkan untuk mendaki nya.

Gunung atau yang lebih di kenal dengan sebutan Bukit Kelam ini, merupakan salah satu habitat yang di kenal paling penting di dunia untuk tamanan kantong semar dan juga anggrek hitam. Selain itu masih banyak terdapat beruang madu, trenggiling dan walet-walet yang menghuni goa-goa di gunung ini.

Gunung yang merupakan sebongkah batu raksasa monolit dan di klaim sebagai batu terbesar di dunia ini mampu menghadirkan suasana alam yang eksotis, sehingga mampu mendatangkan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Dari puncak gunung, mata kamu akan di manjakan dengan indah nya sungai kapuas dan sungai melawi dari kejauhan. Hutan lebat serta goa-goa yang di huni ribuan kelelawar dan burung walet akan menambah daya tarik tersendiri dari gunung ini. dan bagi kamu yang hobi panjat tebing silakan pacu andrenalin kamu pada tebing di sebelah selatan yang berdiri tegak hampir 90 derajat. Puncak bukit juga tempat yang ideal bagi olahraga paralayang dan gantole.

Danau Sentarum

Danau Sentarum Wisata Unik di Kalimantan Barat

Danau Sentarum berada di Kapuas Hulu Kalimantan barat. danau ini di sebut juga danau musiman, karena danau ini terjadi selama 10 bulan dalam setahun dan sisa nya danau ini akan menghilang seiring surut nya air yang menggenangi danau ini.



Danau sentarum di tetapkan menjadi taman nasional pada tahun 1999, sebelum nya status danau ini adalah cagar alam, selain dapat menikmati pemandangan danau nya nan asri, Kamu juga dapat berkenalan dan melihat langsung aktifitas masyarakat tradisional yang bermukim di sekitar danau sentarum. Seperti suku dayak iban, punan, kenyah, sebaruk dan sontas, Mereka adalah masyarakat tradisional yang menghuni sekitar danau ini, mereka sangat ramah dan juga sangat masih tradisional.

Selain dapat menikmati keindahan danau dan keramah tamahan penduduk asli nya, Kamu juga akan di sambut dengan binatang-binatang yang menghuni sekitar danau ini karena hutan nya yang masih lebat sehingga masih banyak habitat darat dan habitat air yang ada di danau ini

Bukan cuman itu, Kamu juga akan dapat menikmati keindahan tumbuh-tumbuhan yang tidak ada di daerah lain. sehingga danau ini juga di juluki the last paradise.

Gimana menurut kamu? Unik bukan? dan yang paling penting, Tempat wisata ini hanya ada di Provinsi Kalimantan Barat.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

1 Response to "Tempat Wisata Unik yang Hanya Ada di Kalimantan Barat"

  1. wah jadi tau tempat tempat wisata di kalbar. Belum pernah kesana sih,, tapi ada sih adik dari kaka ifar saya yang nikah dengan orang kalbar,, yang dan dari mereka yang pernah kesana,, berbeda dari dealik bahasa malaysia dengan kalbar. Kalau malaysia persis kaya daerah tanjung kelua .

    ReplyDelete