Strategi yang Harus Kamu Lakukan Jika Memulai Usaha Cuci Motor

Strategi Yang Harus Kamu Lakukan Jika Memulai Usaha Cuci Motor

KiniMuda.com - Usaha cuci motor adalah salah satu usaha yang menjanjikan dan sangat menguntungkan jika digeluti secara sungguh-sungguh. Usaha ini tidak memerlukan tempat yang luas dan modal usaha yang banyak, kamu hanya butuh peralatan seperti berikut ini:

Peralatan standard cuci motor

  • 1 buah Tong besar atau tempat penampungan air ( tandon air )
  • 2 buah Bak air atau timba untuk tempat sabun cuci
  • Sabun khusus cuci motor
  • Spons untuk mencuci motor
  • Sikat plastik besar, sedang, kecil
  • Kain potongan handuk untuk mencuci
  • Kain handuk dan kanebo untuk mengelap
  • Sanyo / mesin pompa air dan selang air


Dengan peralatan ini, kamu sudah bisa membuka usaha cuci motor, namun jika kamu memiliki modal yang lebih. Kamu bisa menambahkan peralatan tambahan yang tentu akan lebih menunjang usaha cuci motor kamu.

Peralatan tambahan

  • Lift motor
  • 1 buah mesin kompressor
  • 2 sampai 4 buah selang spiral
  • 1 buah pressure gauge
  • 2 buah air gun
  • 1 buah mesin steam
  • 1 set Tabung salju + sampoo salju
  • Kuas + semir ban + kain lap dan wadahnya


Untuk total harga dari peralatan standard dan tambahan diatas bisa bervariasi tergantung barang dan merk apa yang akan kamu beli, untuk yang berkualitas biasa cukup merogoh dana sebesar 5 juta rupiah, sedangkan yang berkualitas bagus bisa kamu peroleh mulai total harga 8 sampai 15 juta rupiah.

Jika kamu sudah memiliki semua peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha cuci motor, lantas strategi yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah sebagai berikut:

Pemilihan lokasi yang tepat
Strategi pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan lokasi usaha yang tepat. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, usaha kamu pasti akan lebih menguntungkan. Selain itu, dengan lokasi yang baik maka mampu mengurangi biaya marketing kamu dan akan memudahkan konsumen untuk menjangkau nya. Pilih lokasi-lokasi yang tepat berada di kawasan kost mahasiswa atau karyawan, pinggir jalan besar yang dekat dengan pemukiman padat penduduk. Biasanya mereka yang sibuk enggan mencuci motor sendiri dan memilih jasa pencucian motor.

Melakukan promosi yang menarik
Promosi adalah hal yang wajib dilakukan terutama saat awal-awal kamu membuka usaha dan kemudian dilakukan secara rutin setiap rentang waktu tertentu. Buatlah media promosi yang menarik baik itu spanduk, selebaran, kalender dan manfaatkan lah media promosi gratis seperti facebook, instagram, twitter dan media sosial lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memberikan iming-iming dengan voucher undian dan voucher cuci motor gratis.



Menyediakan ruang tunggu yang nyaman
Agar memiliki banyak pelanggan strategi usaha cuci motor juga harus memperhatikan ruang tunggu yang nyaman. Biasanya dengan ruang tunggu yang nyaman, para pelanggan akan betah walaupun harus lama mengantri. Ini merupakan strategi bisnis untuk menarik pasar yang bisa kamu coba. Caranya adalah sediakan ruangan dengan tempat duduk seperti sofa,  menyediakan makanan dan minuman ringan jika memungkinkan sediakan tv dan fasilitas wi-fi gratis. Saat ini juga banyak tempat cuci motor dengan layanan mini cafe jadi sembari menunggu motor dicuci para pelanggan bisa menikmati makanan dan minuman lezat, tentunya ini membuat pelanggan semakin nyaman dan kamu juga mendapatkan keuntungan lainnya selain usaha cuci motor itu sendiri.

Kualitas terbaik dan konsisten
Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk menarik pelanggan adalah kualitas dalam pelayanan cucian kamu. Kamu harus memberikan pelayanan yang memuasakan kepada konsumen. Pastikan hasil cuci di tempat usaha kamu sangat bersih dan baik sehingga membuat pelanggan akan kembali lagi ke tempat usaha kamu. Selain bersih, para pelanggan juga biasanya ingin motornya di cuci dengan cepat sehingga waktu tunggunya singkat. maka dari itu, kamu harus memiliki karyawan yang terampil dalam bidang ini. Selain itu, mereka juga harus ramah dalam memberikan pelayanan nya kepada konsumen.

Jika kamu melakukan semua strategi di atas, sangat mungkin usaha cuci motor kamu akan berkembang pesat dan sukses. Namun kamu jangan lupa juga untuk selalu berdo'a dalam setiap usaha yang kamu jalankan.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Strategi yang Harus Kamu Lakukan Jika Memulai Usaha Cuci Motor"

Post a Comment