Siapa Sangka Ternyata 6 Hal Kecil Ini Mampu Membahagiakan Orang Tua

membahagiakan orang tua

KiniMuda.com - Membanggakan serta membahagiakan orang tua merupakan tujuan utama semua anak di dunia ini. Kebahagiaan para orang tua yang didapatkan dari anak biasanya bergantung pada beberapa hal seperti kondisi ekonomi, prestasi, karakter serta pendidikan. 

Lalu pertanyaannya, apakah mutlak seorang anak harus punya prestasi segudang, pendidikan tinggi dan kaya raya? Dan apakah jika tidak begitu maka orang tua tidak pernah bahagia? Pada penerapannya, tidak mutlak demikian. Orang tua sebenarnya bisa bahagia dan bangga akan anaknya hanya karena hal-hal kecil yang sangat sederhana seperti di bawah ini.

1.    Selalu Jawab Telepon atau SMS-nya

Hal sederhana pertama yang mampu membahagiakan orang tuamu adalah dengan cara menjawab telepon dan SMS mereka secepat saat kamu merespon telepon dari atasan atau dosenmu. Ingat, sejatinya orang tua adalah orang yang paling penting yang harus kamu nomorsatukan. 

Mereka memang terkadang terkesan terlalu banyak bertanya saat kita sedang bepergian atau merantau jauh dari rumah. Tapi percayalah bahwa telepon atau SMS dari mereka merupakan pertanda bahwa mereka care dan sayang sama kamu. 

2.    Jadikan Mereka Tempat Curhat

Beranjak dewasa, seorang anak kadang merasa enggan atau malu menceritakan segala hal yang terjadi di dunia luarnya, misalnya saja soal percintaan. Kebiasaan menutup diri dari orang tua ini sebenarnya salah. Sebaliknya, orang tua akan bahagia ketika mereka merasa telah dipercayai oleh anaknya untuk mendengarkan segala keluh kesah. Di tambah lagi mereka sebenarnya orang yang paling mengerti kamu. Mereka pasti bisa memberimu saran terbaik.

3.    Temani Mereka Berbicara

Seorang anak sibuk tumbuh dewasa dan biasanya tidak memiliki banyak waktu. Padahal, tanpa sadar orang tua mereka sedang menua. Terkadang, anak juga tidak sadar sudah betapa banyak kerutan di wajah-wajah mereka. Bahagiakan orang tua dengan rajin meluangkan waktu untuk sekedar mengobrol. Sadarilah bahwa dulunya mereka tidak pernah merasa lelah mengajakmu berbicara saat kamu tidak tahu satu katapun.

4.    Hargai Saran Mereka

Dewasa memang sebuah momok bagi para orang tua. Di hati mereka pasti terbesit rasa takut akan kehilangan anak tercintanya. Dewasa membuat kita mempunyai pola pikir sendiri yang tak jarang malah berbeda dengan mereka. Hal ini adalah wajar namun jangan pernah abaikan saran mereka seakan mereka bukan siapa-siapa. Hargailah setiap kata yang terucap dari mulutnya. Bagaimanapun juga, mereka pasti menyarankan yang terbaik untukmu.



5.    Jangan Melakukan Hal yang Tidak Baik

Bagaimana pun pendidikanmu, satu hal yang perlu kamu terapkan yaitu melakukan hal baik dan menghindari hal-hal yang buruk. Jika kamu memang tidak bisa menjadi teladan banyak orang, tak masalah asalkan setidaknya kamu tidak melakukan hal buruk. “Anak baik-baik” merupakan satu sebutan yang sangat membahagiakan orang tuamu.

6.    Selalu Jaga Kesehatanmu

Sederhana sekali, kamu hanya perlu menjaga kesehatanmu untuk membuat mereka bahagia. Orang tua memang sangat mulia hatinya. Kebahagiaanmu bahkan kesehatanmu merupakan sumber kebahagiaan pula untuk mereka. 

Kemampuan setiap individu memang berbeda-beda. Tak semua orang dapat terkesan sempurna. Namun ulasan di atas membuktikan bahwa siapapun dapat membahagiakan orang tua. Intinya, prioritaskanlah mereka. Jadikan mereka orang yang paling kamu ingat, sayangi, dan hormati.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Siapa Sangka Ternyata 6 Hal Kecil Ini Mampu Membahagiakan Orang Tua"

Post a Comment