Penting! Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengurangi Ketergantungan pada Sosial Media

ketergantungan pada media sosial

KiniMuda.com - Pada dasarnya, sosial media seperti BBM, LINE, Instagram, Path, Facebook atau Whatsapp diciptakan untuk tujuan positif seperti kemudahan akses untuk berkomunikasi, membangun bisnis, membentuk komunitas sosial dan lain sebagainya. Sayangnya, terlalu banyak mempunyai sosial media dan terlalu aktif dalam penggunaannya apalagi jika menggunakannya tidak untuk hal yang positif, maka akan membuat seseorang berada dalam kondisi ketergantungan. 

Ketergantungan sosial media akan berdampak buruk seperti kurangnya sosialisasi di dunia nyata, menjadi malas, mengalami stress dan tekanan, banyak kejahatan yang menghampiri dan lain sebagainya. Sebelum terlambat, kamu sebaiknya melakukan 6 cara untuk mengurangi ketergantungan pada sosial media berikut ini.

1.    Cari Inspirasi
Cara pertama yang ampuh untuk menanggulangi ketergantungan sosial media adalah dengan mencari inspirasi dari cerita tokoh-tokoh yang berhasil lepas dari ketergantungan sosial media. Sebagai referensi, penyanyi terkenal Ed Sheeran sempat menyatakan bahwa ia pernah hidup tanpa sosial media selama satu tahun dan dia merasakan langsung efek positif yang membuatnya terhindari dari stress.

2.    Batasi Akun Sosmed
Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak sekali sosial media. Alih-alih memakai semuanya, kamu sebaiknya membatasinya yakni hanya dengan memakai beberapa saja. Misalnya, jika kamu memiliki Path dan Instagram, kamu sebaiknya menghapus salah satunya karena pada umumnya kedua sosial media itu bertujuan sama dan memiliki fitur yang relatif sama.

3.    Biasakan Logout
Ketergantungan sosial media sangat dipengaruhi oleh sosial media yang selalu aktif. Bunyi notifikasi atau nyala layar akan sangat menarik perhatian kamu dan membuat kamu tidak bisa lepas dari yang namanya sosial media. Oleh karena itu, biasakanlah untuk logout dari aplikasi tersebut dan hanya log in kembali di waktu senggang.


4.    Alihkan Pikiran
Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengalihkan pikiran. Sesekali cobalah membaca buku dengan tenang di ruang bacamu, berolahraga, coba menonton TV atau jalan-jalan. Intinya carilah kegiatan yang bisa membuatmu lupa akan sosmed.

5.    Beinteraksilah dengan Orang Lain
Tidak jarang terjadi dimana seseorang bisa bicara dengan lancar di sosmed namun tidak memiliki keterampilan berkomunikasi yang sesungguhnya di dunia nyata. Sebaiknya, berusahalah untuk benar-benar berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata. Berinteraksilah dengan keluarga dan teman-teman secara intens. Surround yourself with people who make you forget that you have smartphone.

6.    Kurangi Kontak di Sosmed
Banyaknya jumah following dan followers dapat membuatmu semakin susah untuk membatasi diri dengan sosial media. So, mulailah untuk membatasi kontak di sosmed kamu. Pastikan kontak kamu hanya berisi orang-orang dekat.

Orang yang ketergantungan sosial media biasanya tidak sadar bahwa ia sedang ketergantungan. Jika kamu selalu memegang HP, scrolling atas bawah, update segala kegiatan di sosmed, dan menggunakan sosmed tanpa tujuan yang pasti selain curhat, bisa jadi kamu sedang ketergantungan pada sosial media. Anak muda memang sudah seharusnya tahu perkembangan teknologi, tapi jangan sampai perkembangan teknologi ini malah berdampak buruk pada psikologismu. Salam!

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

4 Responses to "Penting! Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengurangi Ketergantungan pada Sosial Media"

  1. Satu tahun tanpa sosial media? Hmm, terdengar sangat sulit 😬

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sosmed si bapak ini sepertinya sih buat bisnis yak. It's OK kalau gitu. :D

      Delete
  2. Sangat sulit bagiku, apalagi bekerja online, pasti membutuhkan sosmed untuk promo2.

    Stafabandpun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tujuannya pekerjaan sepertinya tidak perlu menghindarkan diri dari sosmed. hee

      Delete