Efek Samping Terlalu Sering Menggunakan Pomade

Efek Samping Terlalu Sering Menggunakan Pomade

KiniMuda.com - Penggunaan Pomade di era sekarang ini sudah menjadi hal wajib bagi para pria. Namun tahukah kamu kalau minyak rambut yang trend duluan di amerika ini sudah ada dari tahun 90'an.

Pomade yang berbahan dasar minyak kelapa, lanolin, wax dan parfum atau fragrance ini memiliki 2 jenis yang umum ditemui di pasaran, yakni yang berbasis minyak (petroleum base) atau berbahan dasar air (water base). Pomade berbasis minyak memiliki daya tahan tinggi terhadap udara dan keringat, sehingga cocok untuk diaplikasikan seharian penuh, namun sulit untuk dibersihkan. Sedangkan pomade bebahan dasar air cukup mudah dibersihkan, namun efek tatanannya mudah hilang, sehingga hanya cocok dikenakan di dalam ruangan.

Adapun keunggulan pomade yang membuat para pria sangat menyukai nya, antara lain:

  • Membuat rambut licin atau klimis
  • Mempertahankan posisi rambut
  • Mempermudah membuat style baru atau gaya baru

Selain memberikan manfaat di atas, ternyata pomade juga memiliki efek samping jika di gunakan terlalu sering dan secara terus menerus. Berikut efek samping yang sering terjadi menggunakan pomade:

1. Rambut rontok
Sejatinya pomade tidak menyebabkan kerontokan, melainkan komposisi yang digunakan terkadang berisiko sebabkan kerugian tersebut. Jika kamu memiliki alergi terhadap bahan-bahan tertentu, khususnya bersifat kimia, bisa saja picu kerontokan. Selain itu, ada beberapa faktor penyebab lainnya yang jarang disadari, seperti kebiasaan menyisir rambut terus-menerus ketika mengenakan pomade atau sedang bersamaan dengan kondisi rambut yang tengah diwarnai. Perhatikan untuk selalu mencuci bersih rambut pasca penggunaan pomade guna meminimalisir risiko rambut rontok.

2. Rambut berketombe
Ternyata untuk sebagian orang menggunakan pomade akan membuat rambut berketombe. Hal ini didasari karena rambut yang sensitif dan tidak cocok menggunakan produk ini. Jadi, apabila kamu memiliki tipe rambut yang mudah sensitif maka jangan malas untuk keramas rambut setiap harinya saat mandi.



3. Warna rambut menjadi mati
Sebagian besar warna rambut masyarakat Indonesia adalah kehitaman alami. Akan tetapi jika terlalu sering menggunakan pomade ini, maka lama kelamaan akan membuat warna rambut kamu menjadi kemerahan seperti rambut kering.

4. Munculnya jerawat
Biasanya hal ini terjadi pada penggunaan pomade dengan bahan dasar minyak yang diakibatkan oleh ketidakcocokan antara kulit kepala dengan pomade yang digunakan. Jerawat yang biasa disebut pomade acne ini dapat muncul di area dahi, kulit kepala, dan bagian kulit lain yang kerap terkena produk penata rambut tersebut.

Jerawat yang disebabkan pomade biasanya seperti gabungan jerawat blackheads dan whiteheads. Blackheads adalah jerawat kecil yang berwarna kekuningan atau kehitaman, sementara whiteheads adalah jerawat yang nggak bisa kontak dengan oksigen dan terkadang menyakitkan.

Demikian lah efek samping karena terlalu sering menggunakan pomade, ada baiknya penggunaan nya di batasi dengan tidak membiasakan menggunakan pomade saat sedang santai atau lagi di rumah.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Efek Samping Terlalu Sering Menggunakan Pomade"

Post a Comment