Kebiasaan Sepele yang Ternyata Menyebabkan Baterai SmartPhone Android Cepat Rusak

KiniMuda.com - Tanpa kita sadari, ternyata kebiasaan sepele yang sering kita lakukan ini dapat menyebabkan baterai smartphone android cepat rusak. Lantas kebiasaan sepele seperti apa saja? baca sampai habis ya ulasannya di bawah ini.

Baterai SmartPhone Android Cepat Rusak

Menggunakan sembarang charge, yang penting baterai smartphone terisi

Kebiasaan ini sangat sepele, Terkadang jika melihat kondisi baterai smartphone tinggal sedikit, tanpa berfikir kita langsung memakai charge yang ada di dekat kita, bener bukan? Padahal hal ini sangat tidak baik untuk kualitas baterai smartphone android. Karena sebenar nya charge yang tidak original dari smartphone tersebut memiliki arus yang berbeda yang tidak sesuai spesifikasi dari perangkat android itu sendiri.

Sedangkan jika mengisi baterai smartphone android pada pengisian mobil, komputer, laptop dan charge lain yang bukan asli akan sangat beresiko kerusakan pada smartphone android. Biasanya mode pengisian yang biasa digunakan pada hal ini adalah mode USB yang jika digunakan secara terus menerus akan merusak smartphone android.

Menggunakan smartphone saat di charge

Hal ini kadang kita fikir sangat sepele namun ternyata hal buruk yang kita ulangi secara terus menerus ini sangat berpengaruh sekali merusak baterai smartphone android kita. Saat kita men-charge smartphone maka akan ada energi yang masuk, namun di saat bersamaan kita juga mengeluarkan energi nya. Sehingga arus bolak balik ini menyebabkan kualitas baterai smartphone android kita menjadi cepat rusak.

Men-charge smartphone android menunggu baterai habis

Mungkin hingga saat kamu membaca artikel ini kamu masih berfikiran kalau men-charge smartphone lebih baik menunggu baterai habis, padahal hal ini salah. Sebaiknya charge lah smartphone kamu saat baterai tersisa 20%, jangan menunggu habis terlebih dahulu. Jika hal ini kamu terapkan pada smartphone android mu, maka baterai akan menjadi awet tahan lama.



Charge, lalu tinggal tidur

Hayoo.. siapa yang sering melakukan hal ini? jika sudah menjadi kebiasaan kamu, maka mulai saat ini biasakan untuk mematikan smartphone android kamu saat ingin men-charge lalu meninggalkannya tidur.

Karena jika men-charge dalam keadaan smartphone mati, secara otomatis tidak ada pengisian energi secara berlebihan. Hal ini disebabkan IC akan mengontrol proses charge saat smartphone mati. IC akan otomatis memutus arus data charge, Namun sayangnya tidak semua smartphone android memiliki IC otomatis.

Berbeda dengan saat mengisi tanpa keadaan smartphone mati, fitur IC tidak akan berfungsi pada saat smartphone menyala, sehinga tidak dapat memutuskan arus secara otomatis.

Nah demikian kebiasaan sepele yang sering kita lakukan, namun ternyata bisa menyebabkan baterai smartphone android cepat rusak. Jika kamu ingin menambahkan, silahkan berkomentar. salam

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Kebiasaan Sepele yang Ternyata Menyebabkan Baterai SmartPhone Android Cepat Rusak"

Post a Comment