Takut Terlihat Tua Ketika Memakai Batik ? Cek Dulu Tips Memakai Batik Ini !

tips memakai batik

KiniMuda.com - Jika ditanya mengenai khasnya Indonesia, pikiran kita pasti tertuju pada makanan khasnya, wisata alamnya dan pakaian khasnya yaitu batik. Selaku warga negara Indonesia, sudah sepatutnya kita bangga dan memakai batik di setiap kesempatan. Namun, batik masih tidak terlalu bersahabat dengan anak muda karena kesannya yang membuat penampilan terlihat lebih tua. Benarkah begitu? Tentu saja tidak. Dengan beberapa tips memakai batik di bawah ini, maka kamu dapat mengenakan batik tanpa takut terlihat tua dan jadul.

1.    Beli Kainnya dan Kreasikan
Kebanyakan baju batik jadi di pasaran menerapkan model yang standar dan kadang terkesan jadul. Cara mensiasatinya adalah dengan membeli kainnya saja alias batik yang belum jadi. Selanjutnya, bekerjasamalah dengan penjahit pilihan Anda untuk mengkreasikan batik menjadi busana kekinian seperti blazer, tunik atau cardigan yang cocok untuk segala situasi atau dijadikan mini dress bermodel A untuk acara formal. Bagi kamu yang cowok, buat batik menjadi kemeja berlengan pendek untuk santai sehari-hari.

2.    Pilih Warna-Warna yang Cerah
Jika kamu pikir bahwa batik selalu terkesan dengan warna cokelat gelap, maka kamu 100% salah. Pasalnya, batik telah berevolusi dengan warna-warna cerah dan pastel yang khas untuk melambangkan jiwa mudamu. Sebagai contoh, kamu bisa memilih warna hijau toska atau peach dan lain sebagainya.

3.    Padukan Batikmu dengan Kaus Polos
Selanjutnya, kamu tidak perlu ragu-ragu untuk memadukan batikmu dengan kaus polos atau jenis kain polos lainnya. Sebagai contoh, kamu bisa membuat batik dengan warna pastel untuk dijadikan rok pendek atau pun rok panjang yang kemudian dipadukan dengan kaus berwarna netral seperti hitam, putih atau cokelat muda. Contoh lain, misalnya kamu membuat cardigan batik, nah padukanlah cardigan kamu dengan dress polos yang pas untuk berhijab. Bagi kamu yang cowok, kamu bisa pula mengkreasikan kain polos di kemeja batikmu atau padukan dengan celana model chino warna gelap.



4.    Pakai Aksesoris
Khusus untuk wanita, aksesoris akan menambah kesan modern dan tidak kaku pada penampilan kamu. Namun ingat, tambahkanlah aksesoris yang tepat dan tidak terkesan berlebihan. Misalnya, jika kamu membuat batik menjadi mini dress, kamu bisa menggunakan ikat pinggang kecil yang terbuat dari kulit dengan kalung bebatuan yang cantik. 

5.    Pilih Corak yang Tepat
Kain khas Indonesia ini kini telah semakin banyak variasi coraknya. Semuanya sebenarnya bagus dan tetap akan terkesan muda jika kamu gunakan 4 buah tips di atas. Namun, cobalah memilih corak yang memang kamu sukai agar kamu bisa lebih percaya diri ketika mengenakannya. Jadi, kamu harus hunting dulu di beberapa toko penyedia batik baik secara online maupun offline.

Nah, itu dia beberapa tips memakai batik agar penampilanmu tidak terkesan tua dan jadul. Jadi, apakah kamu masih takut terlihat tua? Tentu tidak lagi dong karena yang perlu kamu takuti sekarang adalah ketinggalan karena tidak memakai batik. Semoga bermanfaat.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Takut Terlihat Tua Ketika Memakai Batik ? Cek Dulu Tips Memakai Batik Ini !"

Post a Comment