Tidak Sengaja Menelan Permen Karet? Bahaya atau Tidak Ya?

tidak sengaja menelan permen karet

KiniMuda.com - Hampir semua anak-anak di Indonesia dibekali dengan sebuah opini bahwa permen karet yang tertelan akan tetap berada di dalam organ pencernaan selama bertahun-tahun sebelum akhirnya bisa dicerna. Opini bahwa kesehatan akan terancam jika tidak sengaja menelan permen karet pun berakar di masyarakat Indonesia.

Sebenarnya opini ini bisa dipercaya nggak sih? Jawabannya: TERGANTUNG. Lo, kok tergantung? Ingat, permen karet tidak dijual untuk ditelan tapi permen karet juga tidak akan bertahan selama bertahun-tahun di dalam perut. Simak ulasannya berikut ini.

Bisakah Permen Karet Dicerna?

Jawaban untuk pertanyaan pertama adalah iya. Pada dasarnya, organ pencernaan kita seperti usus itu cukup kuat untuk mencerna permen karet yang hanya terdiri dari molekul karbohidrat, minyak dan alkohol. Permen karet pun kemungkinan besar tidak akan melekat pada saluran pencernaan. Hal ini dinyatakan langsung oleh seorang pakar kesehatan. 

Ketika kita menelan sesuatu, makanan yang kita makan umumnya melalui 3 fase yaitu fase mekanis atau pengunyahan, fase kedua yang melibatkan enzim seperti air liur, cairan perut dan usus dan fase ketiga dimana asam perut berperan untuk membawa makanan ke proses pembuangan. Jika Anda menelan permen karet, Anda akan melewatkan fase pertama yaitu penyunyahan. Hal ini memang akan menyebabkan permen karet lebih susah untuk dicerna namun tidak akan sampai bertahun-tahun.

Apakah Menelan Permen Karet Tidak Mempunyai Risiko Apapun?

Jawaban untuk pertanyaan kedua adalah tidak. Pasalnya, permen karet yang masuk ke dalam sistem pencernaan bisa saja menjadi benar-benar berbahaya jika seseorang yang menelannya mengidap penyakit diverticulitis yang menyebabkan penyempitan pada usus. Jika permen karet tertelan dalam jumlah banyak apalagi tertelan oleh anak-anak juga akan berbahaya karena dapat menyebabkab penyumbatan usus yang mengakibatkan sembelit dan kram perut.

Jadi, Kenapa Permen Karet Dilarang untuk Ditelan?

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini pasti sudah bisa Anda tebak. Pertama karena permen karet bisa berbahaya jika tertelan oleh seseorang yang mempunyai penyakit tertentu. Selain itu, permen karet yang tertelan juga kemungkinan menyebabkan tersedak karena bisa masuk ke tenggorokan bukan kerongkongan. Lalu alasan masuk akal lainnya, permen karet tidak memiliki gizi apapun untuk tubuh dan sia-sia jika ditelan.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Tertelan Permen Karet?

Kamu sebaiknya segera meminum air putih dalam jumlah yang banyak demi mencegah permen karet menutup kerongkongan. Kamu juga bisa langsung makan sesuatu yang mudah dicerna untuk mendorong permen karet agar lebih cepat keluar dan dicerna oleh tubuh.

Nah, itulah ulasan dibalik pro dan kontra mengenai apa yang akan terjadi pada seseorang yang tidak sengaja menelan permen karet. Kamu tentu tidak dilarang untuk mengunyah permen karet karena permen karet memang bermanfaat dalam menghilangkan bakteri di mulut dan membuat kita lebih konsentrasi. Hanya saja, usahakan jangan sampai tertelan ya.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Tidak Sengaja Menelan Permen Karet? Bahaya atau Tidak Ya?"

Post a Comment