Sebagian Besar Orang Melakukan 4 Kebiasaan Tidur Siang yang Salah Ini, Apa Kamu Termasuk?

kebiasaan tidur siang yang salah
KiniMuda.com - Apakah kamu seseorang yang terbiasa tidur di siang hari? Pernahkan kamu mendengar desas-desus bahaya tidur siang? Hmm, jangan khawatir, tidur siang itu diperbolehkan dan sehat kok. 

Namun sayangnya, orang yang tidur siang kemungkinan besar melakukan kebiasaan tidur siang yang salah. Kebiasaan yang salah ini bukannya memberikan manfaat tetapi malah menumpuk penyakit pada tubuh. Apa saja sih kebiasaan tersebut? Berikut informasinya untuk kamu.

1.    Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang memang bermanfaat untuk mengembalikan fokus dalam bekerja atau belajar serta memulihkan energi. Namun jika tidur siang bisa menumpuk penyakit jika dilakukan dalam waktu yang terlalu lama. 

Waktu tidur siang yang paling ideal adalah antara 10 sampai 20 menit saja. Jika kamu memang punya waktu banyak, kamu bisa tidur siang maksimal sampai 90 menit. Tidur siang yang lebih lama dari itu akan meningkatkan risiko diabetes dan berbagai penyakit serius lainnya.

2.    Langsung Tidur Siang Ketika Lelah

Pada jam-jam sekitar jam 1-3 sore setelah kamu selesai makan siang memang merupakan waktu dimana rasa lelah dan kantuk cenderung menghinggapi. Tapi rasa lelah ini belum tentu membuktikan bahwa kamu memerlukan tidur siang. 

Sebaliknya, cobalah untuk jalan-jalan keluar ruangan dan melihat matahari terlebih dahulu. Kamu perlu tahu bahwa di jam-jam ini tubuh sedang memproduksi hormon tidur lebih banyak yang dapat berkurang jika terpapar oleh sinar matahari.

3.    Tidur Siang Setelah Pukul 4 Sore

Kebiasaan yang salah selanjutnya adalah tidur di sore hari sehabis beraktivitas. Walaupun merasa lelah, sebaiknya kamu jangan tidur setelah jam 4 sore. Lebih baik kamu usahakan untuk tidur walau hanya 10 sampai 15 menit di jam istirahat di siang hari daripada tidur di sore hari.

4.    Sudah Tahu Insomnia Masih Saja Tidur Siang

Insomnia adalah suatu keadaan dimana kamu mengalami gangguan tidur di malam hari. Orang yang insomnia biasanya mendapati rasa kantuk yang luar biasa di siang harinya yang membuat mereka tertidur lama. 

Padahal tidur siang pada orang yang mengidap insomnia ini dapat memperburuk keadaan karena mereka pasti tidak akan mengantuk di malam harinya. Jadi, kalau kamu seorang penderita insomnia, lebih baik hindari tidur siang ya.

Kebiasaan mana yang kamu biasa lakukan? Jika kamu termasuk orang yang melakukan kebiasaan tidur siang yang salah di atas, sebaiknya kamu segera merubah kebiasaan tersebut. Penyakit tidak hanya datang dari makanan yang kita konsumsi tetapi juga dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang jauh dari kesan healthy lifestyle. Yuk, benahi kebiasaan buruk tersebut.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

3 Responses to "Sebagian Besar Orang Melakukan 4 Kebiasaan Tidur Siang yang Salah Ini, Apa Kamu Termasuk?"

  1. Wadaw, baru tahu kalau tidur ternyata ada hormonnya dan produksinya bisa berkurang kalau terkena sinar matahari. Makasih infonya bu 😬😬

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru sadar bahwa postingan ini bukan hanya dibaca tapi dikomentarin juga setelah 7 hari. Sorry yak. hehe... Mudah-mudahan bisa ngubah pola tidur siangnya pak. Hehee

      Delete