Generasi Millennial yang Bijak, Jangan Lakukan Hal Ini di Media Sosial Ya

KiniMuda.com - Generasi Millennial, Jangan Lakukan Hal Ini di Media Sosial

KiniMuda.com -  Generasi Millennial saat ini, sudah bisa di pastikan memiliki akun media sosial, mulai dari facebook, twitter, path, instagram dan masih banyak lagi. Media sosial ini membuat kita seperti mempunyai dua dunia, dunia nyata dan dunia maya.

Kita bisa menikmati berbagai informasi baik dari dalam maupun luar negeri. Mulai dari isu politik hingga urusan dapur semua dirangkum bebas dalam media sosial. Bahkan melalui media sosial ini kita bisa mempromosikan bisnis dan bakat kita, sehingga tak jarang kita melihat banyak artis pendatang baru yang berasal dari instagram atau twitter. Tak ketinggalan hubungan pertemanan pun dapat terjalin lebih hangat dengan adanya media sosial. Namun, karena dunia media sosial ini adalah dunia maya, dimana semua orang bebas berbicara dan bebas membuat karakternya sendiri, tak sedikit juga orang-orang yang menggunakan media sosial ini tanpa toleransi terhadap orang lain. Beberapa dari mereka menggunakan medsos untuk membully orang lain, menipu, hingga menyebarkan informasi yang tidak benar (hoax). Generasi Millennial yang bijak, sebaiknya jangan lakukan hal ini di media sosial.

1. Jangan terlalu bebas membagi informasi pribadi

Sebaiknya hindari sembarangan memberikan informasi di dunia maya, seperti nomor telepon, alamat rumah, atau dengan upload foto-foto yang berlebihan. Karena dikhawatirkan hal-hal ini dapat memicu kesempatan orang lain untuk berbuat jahat seperti melakukan penculikan, penipuan, hingga penyebaran fitnah.

2. Tidak menyaring pertemanan

Karena sangat bebas dan terbuka, dengan adanya medsos bahkan kita bisa berteman dengan artis, pejabat, tokoh-tokoh dunia, hingga orang yang tidak kita kenal sama sekali sebelumnya. Nah, sebaiknya kamu telaah dulu ya sebelum kamu menerima request pertemanan dari seseorang. Kita tidak tahu apakah orang tersebut orang jahat atau orang baik, dan kita juga tidak tahu niatnya murni untuk berteman atau karena hal lain, bukan?

3. Jangan asal berbicara

Generasi Millennial pasti pernah mendengar ungkapan ''Mulutmu Harimaumu''. Mengungkapkan keburukan seseorang dengan mengejek, menyindir atau menghina bukan hal yang bijak untuk dilakukan di media sosial. Karena banyaknya orang-orang yang suka asal berbicara dan menyebarkan kebencian (hate speech) di dunia maya, sekarang pemerintah sudah menetapkan UU ITE untuk tindakan pencemaran nama baik, penghinaan SARA, dan berbagai tindak kejahatan yang bersumber di dunia maya.

4. Mengganggu privasi orang lain

Mungkin kita sudah terbiasa dengan tradisi kepo ya, Kalau kepo ke teman terdekat sih, oke. Tapi, kepo dan mengganggu urusan orang lain yang tidak kita kenal, sebaiknya jangan deh. Apalagi kalau sampai mengganggu hubungan orang lain di medsos.



5. Menyebarkan info yang tidak valid (Hoax)

Karena dunia maya adalah dunia tanpa batas, kita dapat menerima berbagai informasi dari manapun juga. Dalam hitungan detik akan banyak bermunculan informasi yang sedang trend. Namun, keabsahan informasi ini sangat diragukan kebenarannya dan sulit ditelusuri sumbernya sebab kita tidak tahu siapa yang menyebarkan informasi tersebut pertama kali. Nah, sebagai pengguna medsos yang cerdas, sebaiknya kita nggak ikut-ikutan menyebarkan info hoax ya.

Baca juga: Cara Cerdas Menyikapi Hoax di Internet

6. Bertengkar di media sosial

Meskipun relevansinya belum diketahui, namun setiap orang akan selalu menilai orang lain dari akun media sosialnya. Kalau kamu nggak mau dianggap tidak baik dan tidak etis, lebih baik hindari pertengkaran atau perdebatan yang nyeleneh di medsos, ya!

Demikian hal yang seharusnya tidak di lakukan di media sosial, Generasi Millennial yang cerdas adalah generasi yang bijak ber-media sosial.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Generasi Millennial yang Bijak, Jangan Lakukan Hal Ini di Media Sosial Ya"

Post a Comment