Dengan Cara Ini, Kamu Bisa menghemat Kouta Internet Smartphone Androidmu

KiniMuda.com - Dengan Cara Ini, Kamu Bisa menghemat Kouta Internet Smartphone Androidmu

KiniMuda.com - Berselanjar di dunia maya memang sangat mengasikkan, apalagi bagi kamu yang selalu aktif di sosial media. Rasa nya tidak ingin sedetik pun ketinggalan berita dan gosip terbaru, karena hal itu tentu saja membuat kouta internet smartphone androidmu menjadi boros. Namun dengan cara ini, Kamu bisa menghemat kouta internet smartphone androidmu. Apa saja cara nya, yuk baca selengkapnya.

1. Pakai Browser yang Lebih Efisien
Sebuah browser atau peramban ternyata juga mampu membuat kuota internet kamu terkuras habis. Terutama browser default yang merupakan bawaan dari smartphone kamu yang banyak diyakini banyak mengambil kuota internet. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser ini memang sudah banyak terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internet kamu secara primer dengan mengompres website yang kamu kunjungi. Dengan fitur data-saving `video boost`, akan mampu mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar.

Selain Opera Mini, kamu juga bisa menggunakan browser Google Chrome tentunya dengan sebuah strategi khusus. Caranya adalah buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings > Bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

2. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan
Salah satu cara menghemat kuota data adalah menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

3. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya
Kamu pasti tau dong fitur data usage warning dan limit system yang built-in di tiap Smartphone Android? Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberikan kamu peringatan saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya kamu bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

4. Batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi
Jika kamu menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka smartphone kamu akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal di situ. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

5. Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data
Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, kamu bisa kunjungi menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. Solusinya kamu bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

6. Batasi Penggunaan Data di Latar Belakang
Cara termudah untuk menghemat kuota data paket internet kamu adalah untuk mengatur aplikasi kamu atau bahkan sistem Android itu sendiri, agar membatasi data di latar belakang. Background data merupakan satu pemborosan data internet yang terjadi saat kamu tidak menggunakannya. Contohnya adalah sinkronisasi email, update feed, widget cuaca, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kamu dapat mengaturnya di menu Settings, lalu pilih Data Usage, kemudian pilih Restrict Background Data. Jika kamu mau mengaturnya satu per satu, kamu bisa mengunjungi setiap aplikasi yang kamu sudah install sebelumnya. Apabila ingin mematikan siknkronisasi email, kamu bisa masuk ke Settings, masuk ke Account, Google, lalu matikan auto-sync. Sehingga, kamu harus memeriksa email kamu secara manual.



7. Batasi penggunaan data di masing-masing aplikasi
Opsi Android Data Usage bukanlah satu-satunya cara untuk membatasi penggunaan data untuk sebuah aplikasi. Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. Kamu bisa mengaksesnya melalui menu setting di aplikasi tersebut. Contohnya Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

8. Masukkan daftar musik kesayangan kamu
Layanan streaming kini tersedia secara berlimpah. Dengan menggunakan smartphone, kamu sudah bisa mengakses YouTube, Spotify, Vie, ataupun situs streaming video dan musik lainnya. Padahal, dengan menggunakan ini, kuota internet kamu akan cepat habis. Selain itu, mengakses aplikasi streaming secara berlebihan juga akan menguras daya baterai kamu.

Taruhlah daftar musik kesayangan kamu pada penyimpanan di smartphone. Jika memori internal tidak mencukupinya, gunakanlah microSD. Apabila smartphone kamu tidak memiliki slot untuk microSD, kamu bisa menggunakan Flashdisk OTG agar tetap bisa menikmati musik secara offline. Cara yang mudah, bukan?

9. Manfaatkan Sebaik Mungkin Wilayah Hotspot
Nah, hal ini yang paling menarik sedunia untuk para penggemar gadget. Saat kamu berada di kafe, restauran, tempat nongkrong manapun yang menyediakan konektivitas Wi-Fi, gunakanlah sebaik mungkin. Jangan pernah malu untuk bertanya password kepada para pelayan yang ada di tempat tersebut.

Demikian lah cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk menghemat kouta internet smartphone androidmu. Semoga bermanfaat.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Dengan Cara Ini, Kamu Bisa menghemat Kouta Internet Smartphone Androidmu"

Post a Comment