Lakukan Hal Ini Agar Tidak Pernah Ada Kata "Bad Mood" di Harimu

KiniMuda.com - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Pernah Ada Kata "Bad Mood" di Harimu

KiniMuda.com - Jenuh, Bete dan rasa kesal bisa sewaktu-waktu datang menggangu mood kita, tak peduli kamu lagi dimana dan lagi ngapain. Tapi, tahukah kamu apa sebenarnya mood itu?

Menurut beberapa penelitian, mood sebenarnya adalah sebutan yang mengasosiasikan kondisi psikologis seseorang, apakah ia berada dalam kondisi yang nyaman (good mood) ataukah sebaliknya, kurang menyenangkan (bad mood).

Jika sedang good mood, tentu apapun yang di kerjakan akan terasa ringan dan santai. Namun jika sebaliknya (bad mood) yang terjadi, maka harimu pun terasa berjalan lambat dan sangat membosankan.

Agar harimu tidak ada kata bad mood, maka lakukan beberapa hal yang di rekomendasikan KiniMuda.com ini untuk kamu.

1. Bangun lebih awal
Terburu-buru di pagi hari bisa merusak mood kamu. Deg-degan menunggu kendaraan datang, stres menghadapi macet, sampai harus berlari-lari karena takut terlambat bisa membawa pengaruh kurang baik pada kamu di pagi hari. Usahakan bangun pagi sedikit lebih awal, agar bisa mempersiapkan diri lebih santai menghadapi kegiatan selanjutnya. Sempatkan sarapan sebelum berangkat untuk menambah semangat berakvititas.

2. Olahraga
Jika kamu bangun lebih awal, maka sempatkan lah berolahraga. Karena olahraga dapat mengangkat mood-mu secara signifikan? Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan zat neurokimia yang dapat memperbaiki suasana hati dan membuat kita merasa lebih baik. Tubuh dan pikiran kita yang tadinya tegang pun dapat terasa lebih rileks. Tapi, yang paling penting adalah bentuk tubuhmu akan terlihat lebih ideal dan bugar dari sebelumnya.

3. Berpikir Optimis
Setiap orang pasti memliki permasalahan sendiri. Karena itu, semua sebenarnya bergantung pada sudut pandang kita untuk menghadapi masalah yang datang. Martin Seligman, seorang ahli psikologi dan pengarang buku “Learned Optimism: How to Change Your Mind and Your Life”, mengatakan orang yang optimis bukannya tidak menyadari adanya masalah. Namun pola pikir optimis akan mengajarkan bahwa setiap masalah selalu ada hikmah dan solusi yang membuat kita menjadi lebih baik ke depannya. Karena itu, membiasakan berpikir optimis dapat menjadi mood seseorang untuk tampil lebih baik di setiap menghadapi kendala dalam kehidupannya.



4. Banyak Membantu Orang Lain
Selain dari memperhatikan orang lain, peneliti lainnya Sonja Lyubomirsky, pengarang “The How of Happiness” mengatakan bahwa membantu orang lain juga bisa membuat mood seseorang meningkat. Menolong tetangga, menawarkan kopi kepada rekan kerja, membantu orang lain untuk sukses, mau mendengarkan keluhan orang lain dan membantu mengatasinya, adalah sikap-sikap yang dapat mendatangkan mentalitas positif sehingga langsung ataupun tidak, dapat membantu membentuk mood yang baik.

5. Bersyukur
Siang hari adalah saat-saat genting. Bisa jadi cuaca begitu panas sehingga kita mudah mengantuk. Bisa jadi juga, kamu sudah berjam-jam duduk dan tubuhmu mulai merasa lelah. Rasanya kamu ingin mengeluh dan mengumpat saja.

Nah, mood positifmu tidak akan bertahan jika kamu tak mengunci mulut. Sebaiknya, berdiamlah sejenak dan pikirkan satu hal – satu hal saja – yang kamu punya dan membuatmu bahagia. Dengan ini, hatimu sendiri tidak akan tega untuk merasa paling nelangsa. Dengan selalu bersyukur, maka tidak ada alasan untuk kamu mengeluh.

Lakukan hal-hal sederhana di atas agar di tiap harimu tidak ada kata Bad Mood.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Lakukan Hal Ini Agar Tidak Pernah Ada Kata "Bad Mood" di Harimu"

Post a Comment