Jangan Lakukan 6 Hal Ini, Agar Tidur Anda Nyenyak

Jangan Lakukan 6 Hal Ini, Agar Tidur Anda Nyenyak

KiniMuda.com - Tidur yang tidak nyenyak, berpotensi membuat waktu tidur berkurang dan tak berkualitas, sehingga tubuh tak mendapatkan cukup energi keesokan harinya.

Efek selanjutnya, tubuh menjadi lebih mudah lelah, melemahkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan bahkan membuat keinginan makan menjadi tak terkendali akibat tubuh butuh energi ekstra. Untuk anda para cewek yang sedang dalam program diet, hal seperti ini tentu menjadi sangat menakutkan.

Maka dari itu Jangan lakukan 6 Hal Ini, Agar Tidur Anda Nyenyak.

1. Makan Sebelum Tidur
Makan besar sebelum tidur karena perut kosong. Tidak menjamin tidur anda nyenyak loh, malah bisa membuat tidur anda tidak nyenyak karena perut anda di paksa bekerja keras memproses makanan yang anda makan sebelum tidur.

2. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik kencang sebelum tidur justru mengaktifkan otak dan menunda rasa kantuk anda. Sangat disarankan menyetel musik lembut pengiring tidur untuk mengaktifkan hormon tidur anda.

3. Olahraga Berat
Berolahraga secara teratur adalah kunci untuk mendapatkan tidur lelap di malam hari, tapi aktif berolahraga sesaat sebelum tidur ternyata bukan ide yang baik.

Tubuh butuh waktu setidaknya 2 jam untuk menstabilkan denyut jantung dan tingkat energi, termasuk ketenangan pikiran, sebagai syarat tidur lelap. Jadi, menyelesaikan olahraga 3 jam sebelum anda berencana untuk tidur, adalah pilihan terbaik, terlebih bila anda memutuskan untuk makan setelah olahraga.

4. Baru Berhenti Kerja Sesaat Sebelum Tidur
Melakukan pekerjaan yang “menguras” otak sebelum tidur dan baru berhenti sesaat sebelum tidur dapat membuat otak tidak memiliki waktu untuk melakukan “pendinginan”.

Sehingga, bukan tak mungkin anda akan mengalami mimpi buruk, mimpi seputar pekerjaan dan bahkan membuat anda terbangun berkali-kali, akibat pikiran yang masih terbebani. Baiknya, selesaikan pekerjaan 1 jam sebelum tidur agar otak bisa beristirahat dan pikiran menjadi lebih tenang.




5. Nonton Tv
Nonton tv sebelum tidur justru memancing anda untuk tidak tidur. Sebaiknya ganti lah kegiatan tersebut dengan membaca buku.

6. Berselancar di Sosmed
Sayangnya, berselancar di sosmed sebelum tidur, justru membuat anda sulit mengantuk. Cahaya biru yang dihasilkan perangkat ponsel dapat merangsang otak, sehingga sulit bagi tubuh untuk bersantai, rileks, dan merasakan bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Tanpa sadar, anda memang akan mengantuk, tapi bukan karena bermain ponsel, melainkan karena sudah melewati jam tidur yang sehat.

Nah, sudah pada tahukan kegiatan yang seharus nya tidak di lakukan sebelum tidur. Semoga tulisan di atas bermanfaat dan semoga tidur anda nyenyak.

Ikuti KiniMuda.com Dengan Email

0 Response to "Jangan Lakukan 6 Hal Ini, Agar Tidur Anda Nyenyak"

Post a Comment